Vaksinasi Mobile, Inovasi Kodim Gowa Kejar Target Cakupan Vaksinasi 70 Persen

  • Whatsapp
Vaksinasi Mobile, Inovasi Kodim Gowa Kejar Target Cakupan Vaksinasi 70 Persen

 

Makassar, Upeks.co.id–Kodim 1409/Gowa terus menggencarkan gerakan Serbuan Vaksin. Target pencapaian cakupan vaksinasi sebesar 70 persen pada Desember 2021 mendatang, membuat Kodim 1409/Gowa berinisiatif untuk menciptakan gerakan jemput bola dalam program vaksinasi. Sejak Senin (11/10/2021), Kodim 1409/Gowa menghadirkan Vaksinasi Mobile, untuk memberikan layanan vaksin kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo menjelaskan, sebagai salah satu unsur pemerintah di Kabupaten Gowa, Vaksinasi Mobile ini, menjadi upaya dan inovasi Kodim Gowa untuk meningkatkan jumlah capaian vaksinasi dalam mencapai Herd Immunity/Kekebalan Kelompok. Saat ini di Kabupaten Gowa, cakupan vaksinasi baru mencapai 30 persen lebih. Selain menggencarkan edukasi dan sosialisasi, inovasi menghadirkan Vaksinasi Mobile menjadi upaya Kodim Gowa dalam vaksinasi massal di Kabupaten Gowa, termasuk untuk sejumlah wilayah pelosok di Kabupaten Gowa.

Mantan Danyonif 726/TML ini juga mengatakan, vaksinasi mobile ini akan berlangsung hingga akhir Oktober mendatang, dengan target 500 hingga 750 dosis perharinya. Vaksinasi mobile melayani seluruh masyarakat Gowa, baik umum, pelajar dan mahasiswa. “Vaksinasi mobile ini adalah gerakan menjemput bola yang dilakukan Kodim Gowa, untuk pencapaian cakupan vaksinasi di Gowa, dengan melibatkan nakes dari polkes Kodim Gowa dan puskesmas. Target tercapainya herd immunity pada desember mendatang, membuat kita hadirkan pelayanan mobile ini. Terlebih untuk persiapan tatap muka di sekolah. Harapan kita dengan pelayanan mobile ini, masyarakat bisa terlayani secara maksimal, baik yang vaksinasi tahap kedua maupun yang sama sekali belum melaksanakan vaksinasi,” papar Dandim Gowa, Rabu (13/10/2021).

Terkait armada yang digunakan dalam Vaksinasi Mobile ini, Letkol Prasetyo mengatakan, kendaraan patroli kodim menjadi sarana untuk memobilisasi para vaksinator yang terlibat dalam kegiatan ini. “Kita gunakan kendaraan patroli kodim untuk mobilisasi vaksinator dalam pelayanan ini, ditambah dengan beberapa kendaraan pribadi pendukung. Kita fungsikan armada yang ada dan memungkinkan untuk kita gunakan dalam Vaksinasi Mobile ini,” jelasnya.

Terkait capaian vaksinasi di Kabupaten Gowa, Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni menyebut bahwa berbagai upaya dilakukan Pemkab Gowa bekerjasama dnegan berbagai pihak untuk mencapai target cakupan vaksinasi di Gowa. Wabup menilai, selain disiplin protokol kesehatan, vaksinasi memberikan dampak positif dan signifikan terhadap angka penurunan kasus penyebaran Covid-19 di Gowa. “Di Gowa cakupan vaksinasi baru mencapai 30 persen lebih. Tetapi penurunan kasus sudah sangat terlihat dari angka yang masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19. Semoga dengan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan ikut serta dalam program vaksinasi untuk kekebalan kelompok, kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Gowa,” beber Wabup.

Sebelumnya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito, saat kegiatan launching gerakan pembagian 500 ribu masker untuk Sulsel di Jalan Jendral Sudirman Makassar belum lama ini mengatakan, cakupan vaksinasi di Sulsel masih berada dibawah capaian vaksinasi nasional sebesar 46,59 persen. Sementara, pada Desember 2021 mendatang, pemerintah menargetkan cakupan vaksinasi mencapai 70 persen untuk membentuk kekebalan kelompok. Sehingga diharapkan pemerintah daerah dan seluruh stake holder bisa melakukan upaya untuk mempercepat capaian cakupan vaksinasi.(rls)