STQHN Ternate, Sulsel Siapkan 20 Peserta Terbaik

  • Whatsapp
STQHN Ternate, Sulsel Siapkan 20 Peserta Terbaik

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mempersiapkan 20 orang peserta terbaiknya, untuk ikut berlomba pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis tingkat Nasional (STQHN), yang akan diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara, Oktober ini.

Ke-20 orang tersebut, saat ini sedang mulai melakukan latihan/training centre (TC), yang diselenggarakan di Alauddin Hotel dan Convention Makassar, hingga tanggal 13 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Plt. Kepala Biro Kesra Pemprov Sulsel, Muh. Hasim, S.Ip, M.Si, saat membuka TC, mengatakan bangga memiliki qari dan qariya, hafidz dan hafidzah terbaik, yang telah siap untuk ikut berlomba pada ajang STQHN XXVI di Sofifi, Maluku Utara.

“Kita bangga dan akan memberikan pelatihan selama di karantina ini, untuk membekali, pengetahuan, pengalaman dan teknik bertanding, agar bisa membawa nama baik Sulsel di tingkat nasional,” ucapnya.

Menurut dia, mempelajari dan mengamalkan isi dan kandungan Al Qur’an merupakan kewajiban sekaligus sebagai upaya peningkatan syiar Islam.

Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, H. Kaswad Sartono mewakili Kakanwil, menyampaikan, optimis prestasi Sulsel akan semakin baik di ajang STQHN nantinya.

”Kita optimis Sulsel bisa masuk pada posisi tujuh besar nasional, akan lebih baik dari prestasi prestasi sebelumnya, sehingga target Pemprov bisa kita wujudkan,” akunya.

Qari sekaligus pelatih nasional, H. Bahri Waru yang juga pengelola kegiatan MTQ dan STQ Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel menambahkan, pada STQH XXVI nasional nanti, sebanyak empat cabang lomba yang akan diikuti kafilah Sulsel, yakni tilawah, tahfizh, tafsir, dan hadits. Tilawah terdiri dewasa dan anak- anak putra putri, tahfizh 1, 5, 10, 20 dan 30 juz masing- masing putra dan putri, tafsir bahasa Arab putra dan putri, dan hadist, 100 hadist dengan tsanad, dan 500 hadits tanpa tsanad.

Pemberangkatan kafilah Sulsel ke Maluku Utara dijadwalkan 14 Oktober 2021, pembukaan 16 Oktober 2021 dan penutupan 22 Oktober 2021.

Hadir pada TC ini juga adalah Kasubbag Agama Biro Kesra Pemprov Sulsel, H. Syamsuddin, Kasi SBI dan MTQ Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, Hj. Nikma, dan sejumlah pelatih seperti, H. Hasan Basri dan Hj. Hasnah, S.Ag. (rls)

Pos terkait