Sambut HUT TNI ke-76, Kodim 1420 Sidrap Gelar Karya Bakti di Pondok Pesantren Tahfisul Qur’an Ibrahim

  • Whatsapp
Sambut HUT TNI ke-76, Kodim 1420 Sidrap Gelar Karya Bakti di Pondok Pesantren Tahfisul Qur'an Ibrahim

SIDRAP, UPEKS.co.id — Dalam rangka HUT TNI ke-76 TA 2021, Kodim 1420 Sidrap gelar berbagai kegiatan, seperti Donor Darah, Karya Bakti.

Hari Ini, bertepatan dengan hari Sabtu 2 Oktober 2021, Kodim 1420 Sidrap kembali menggelar Karya Bakti terpusat bersamaan Anak Pesantren Tahfisul Qur’an Ibrahim Kelurahan Uluale, Kecamatan Watang Pulu Sidrap.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Karya Bakti melibatkan sedikitnya 70 Personel TNI dari 7 Koramil Lingkup Kodim 1420 Sidrap, berlangsung mulai pukul 08.00 Wita sampai selesai, dengan menggunakan pakaian seragam PDL TNI/ Topi Rimba. Tentunya kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) dengan menggunakan Masker.

Kepala MTS Pondok Pesantren Ibrahim Uluale Sirajuddin, S.Pd, I. MA, mengatakan sangat apresiasi terhadap TNI/ Kodim 1420 Sidrap atas terpilihnya Pondok Pesantren Ibrahim ini menjadi lokasi Karya Bakti, TNI Kodim 1420 Sidrap.

“Kegiatan karya bakti ini pertama kalinya dilakukan oleh pihak luar, yakni Kodim 1420 Sidrap. Untuk itu, kami atas nama Pondok Pesantren Ibrahim mengucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya. Hal ini membuktikan bahwa TNI bersama rakyat,” kata Sirajuddin.

Menurutnya, di pondok pesantren tersebut dihuni sedikitnya 300 santri Putra dan Putri, yang belajar di sana. Mereka berasal dari berbagai daerah, Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Kalimantan, Jawa Makassar, Selayar. Bahkan, ada salah seorang santri putri berasal dari Negri Jurang Malaysia, dan dia adalah angkatan pertama di Pondok Pesantren itu.

Lanjut Sirajuddin mengatakan, kehadiran nya menjadi kekompakan dan Silaturahmi, yang disertai team work menjadikan pondok Pesantren ini maju dan bisa lebih baik lagi.
“Penghuni pondok pesantren ini, 30 persen adalah orang lokal, 70 persen dari daerah lain termasuk, Pinrang, Pare, Barru, Kalimantan, Jawa, Makassar, Selayar dan ada salah satu santri Putri dari Negri Jurang Malaysia,” ungkap Sirajuddin.

Sambut HUT TNI ke-76, Kodim 1420 Sidrap Gelar Karya Bakti di Pondok Pesantren Tahfisul Qur'an Ibrahim

Disebutkan Sirajuddin bahwa di karya Bakti ini, selain TNI Kodim 1420 Sidrap, juga ada dari unsur Kesehatan, Polsek WT Pulu, Pertanian dan STIAI, dan unsur masyarakat. Mereka bergabung dan berbaur bersama Kodim 1420 untuk memberikan yang terbaik kepada Pondok Pesantren Tahfisul Qur’an Ibrahim, agar lebih maju, berkembang dan berkualitas.

Dijelaskan Sirajuddin bahwa Pondok Pesantren Ibrahim ini di bawah Pimpinan Km Arham Basri, Ketua yayasan Muh Ihsan Ibrahim, pengawas pondok Drs Ismail Edy.
Jumlah tenaga pengajar sedikitnya 25 orang, termasuk pembina. Ada pun luas pondok pesantren sekira 2 Hektare (Ha), dan didirikan pada tahun 2015.

Sementara kata Sirajuddin bahwa Pondok berdiri pada tahun 2020 dan pendirinya adalah H. Muhammadiyah Ibrahim.

Fasilitas sarana persiapan pondok, pondokan santri, kantor, dan mini market, mesjid, termasuk sarana olah raga.

Terpisah, Ketua Yayasan Pesantren, Muh. Ikhsan Ibrahim mengatakan, dengan hadirnya TNI Kodim 1420 Sidrap, sebagai motivasi untuk bisa lebih berkembang. Selain itu, kehadirannya Bisa menumbuhkan semangat gotong royong kepada Santri. Terutama menghindari adanya wabah penyakit menular disebabkan oleh lingkungan, atau akibat hujan dan tidak bersih.
“Kegiatan karya bakti ini sangat penting menambah pengalaman santri. Ini juga salah satu membuktikan kedekatan TNI Kodim 1420 Sidrap bersama Santri. Terima kasih TNI, kemanunggalan bersama rakyat tak pernah terpisahkan,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf. Dodi mengatakan sangat berterima kasih kepada Pimpinan Pondok Pesantren Ibrahim atas kerja samanya, menerima TNI Kodim 1420 Sidrap untuk melaksanakan Karya Bakti.

Lanjut Letkol Dodi mengatakan Kegiatan Karya Bakti ini dalam rangka HUT TNI ke-76 Tahun 2021 yang bertepatan pada tanggal 5 Oktober 2021 mendatang.

Dikatakan Dodi bahwa, Kodim 1420 Sidrap melaksanakan berbagai kegiatan menyambut HUT TNI ke-76, diantaranya Donor Darah, Karya Bakti dan terakhir Ziarah ke TMP di Puncak Mario Rappang, bertepatan pada tanggal 5 Oktober 2021.

Untuk itu, kata Dandim Letkol Dodi mengatakan kehadiran Kodim 1420 Sidrap di Pondok Pesantren ini, untuk bisa berbaur bersama santri dan masyarakat sebagai wujud kecintaan dan kedekatan TNI bersama rakyat. Selain itu, kehadirannya juga bisa meringankan apa yang menjadi kesulitan di pondok pesantren ini.

“Karya bakti ini, kita harap adalah kemanunggalan TNI bersama rakyat itu semakin hari ke depan semakin kuat, dan kehadiran TNI kita bisa merasakan bersama bahwa TNI ada untuk rakyat,” ungkap Letkol Dodi.

Dandim 1420 Sidrap Letkol Dodi, disamping melakukan peninjauan langsung Karya Bakti terhadap anggotanya, ia juga menyempatkan diri berbincang dengan Santri, sekaligus meninjau langsung pemondokan santri baik Putra maupun Putri.

Usai acara Karya Bakti, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Dodi, juga menyerahkan bingkisan sembako dan beras kepada masyarakat dan dilanjutkan makan siang bersama.

Turut mendampingi Dandim 1420 Sidrap, Danramil 1420-04 Wattang Pulu Lettu Inf Andi Rajab, Kapolsek Watang Pulu, Iptu Jayadi, dan Kepala MTS Pondok Pesantren Sirajuddin, Ketua Yayasan Muh Iksan dan Pimpinan/Pendiri Pondok Pesantren H.Muh Ibrahim. (Risal Bakri)

Pos terkait