Pimpin Apel Siaga Bencana, Kapolres Takalar Sampaikan Hal Ini

  • Whatsapp
Pimpin Apel Siaga Bencana, Kapolres Takalar Sampaikan Hal Ini
Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjayanto kompak foto bersama usai apel siaga

TAKALAR, UPEKS.co.id— Kepala Kepolisian Resor Takalar AKBP Beny Murjayanto S.I.K,M.H memimpin apel gabungan kesiapsiagaan menghadapi bencana tahun 2021, di Lapangan H.M Makkatang Daeng Sibali, Kabupaten Takalar, Selasa (26/10/2021).

Apel Siap Siaga tersebut diikuti 1 peleton personel TNI Kodim 1426 Takalar, 2 peleton personel Sabhara Polres Takalar, 1 peleton personel Dinas Perhubungan Takalar, 1 peleton personel Pamong Praja, 1 regu Damkar Takalar, 1 regu Dinas Kesehatan (PSC 119), 1 regu BPBD Takalar (TRC-PB), 1 regu Dinas Social PMD (Tagana) dan 1 regu personel PMI Takalar.

Bacaan Lainnya

Hadir pula, Wakil Bupati (Wabup) Takalar, Ahmad Daeng Se’re, Sekda Takalar, Muh Hasbi, Dandim 1426/Takalar, Letkol Czi Catur Witanto, Ketua Pengadilan Negeri Takalar, Arwana, Kasatpol PP Takalar, Muh. Alwi, Kadis Kesehatan Takalar, Rahmawaty, Kepala BPBD Takalar, Nur Iksan Nurdin, para Camat dan Kapolsek jajaran Polres Takalar.

Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjayanto dalam arahannya mengatakan, bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama, sehingga apel siaga penting dilaksanakan untuk membangun sinergitas dan pengetahuan antar personel akan potensi bencana.

“Dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan serta Polri dan TNI, mitigasi risiko bencana seperti korban harta dan jiwa dapat diminimalisir,” katanya.

Kapolres menegaskan, bahwa membantu masyarakat dalam menanggulangi bencana merupakan suatu tugas yang mulia. Ia juga menyampaikan, dalam menghadapi bencana ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya, kesiapan mental dan fisik, peralatan dan dukungan logistik untuk mengantisipasi secara dini apabila terjadi bencana, disiplin kerja, pelayanan yang optimal, koordinasi yang baik, serta rasa tanggungjawab.

“Selain itu, penting melakukan pemetaan-pemetaan wilayah rawan bencana di setiap daerah dengan berkoordinasi tokoh adat, agama, pemuda, dan pemerintah setempat,” ujarnya.

Kapolres juga menginstruksikan seluruh Kapolsek untuk selalu berkoordinasi dengan unsur TNI dan stakeholder yang ada, agar secara cepat dan tepat untuk mengamankan dan meminimalisir dampak yang mungkin terjadi. (rif)

Pos terkait