Pemkab Sidrap Kerja Sama BBIHP Gelar Business Matching Program Startup Inovasi Indonesia

  • Whatsapp
Pemkab Sidrap Kerja Sama BBIHP Gelar Business Matching Program Startup Inovasi Indonesia

SIDRAP UPEKS.co.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap kerja sama Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Kementerian Perindustrian melalui Inkubator Bisnis Teknologi menggelar Business Matching Program Startup Inovasi Indonesia (SII) Tahun 2021.

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando membuka secara resmi kegiatan tersebut yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Sidrap, Selasa (12/10/2021).

Bacaan Lainnya

Turut hadir Kepala BBIHP, Dr. Setia Diarta, Staf Ahli Bupati Sidrap, Patahangi Nurdin, dan Kadis Perdagangan dan Perindustrian Sidrap, Ahmad Dollah. Serta sebagai peserta dari perwakilan OPD terkait, penyuluh peternakan, peternak, dan pembuat pakan ternak.

Tema Business Matching tersebut yakni “Penguatan Teknologi pada IKM Pakan Ternak untuk Mendukung Budidaya Peternakan Unggas yang Maju dan Berkelanjutan di Kabupaten Sidenreng Rappang”.

Bupati Sidrap Dollah Mando mengatakan, penumbuhan dan pengembangan industri di Kabupaten Sidrap membutuhkan dukungan, termasuk untuk memajukan dan meningkatkan daya saing IKM.

“Diperlukan penjajakan untuk mengetahui potensi kerja sama yang dapat dikembangkan baik dalam bentuk pendampingan maupun kerjasama dengan stakeholder lain dalam rangka pengembangan usahanya,” terang Dollah Mando.

Lanjut Dollah Mando mengatakan, Kabupaten Sidrap memiliki berbagai industri unggulan, salah satunya industri pakan ternak.

“Dengan adanya kegiatan ini maka secara tidak langsung mendukung peningkatan dan pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Sidrap,” ungkap Dollah Mando.

Dollah Mando juga berharap pihak perbankan dapat turut serta mendukung dalam pengembangan IKM pakan ternak. “Begitupun kepada pihak Balai Besar Industri Hasil Perkebunan yang juga mendukung dengan melakukan pembinaan dan pendampingan bagi IKM pakan ternak untuk dapat masuk pada program inkubasi bisnis,” lontarnya.

Sementara Dr. Setia Diarta mengatakan, pelaksanaan Business Matching ini adalah salah satu implementasi konkret tindak lanjut nota kesepahaman atau MoU Pemkab Sidrap dengan BBIHP yang ditandatangani Bupati Sidrap dan Kepala BBIHP 8 September 2021 lalu.

Business Matching ini dapat mendisimilasikan teknologi dan inovasi khususnya kepada para pengusaha, IKM pakan ternak dan peternak sehingga mendorong tumbuhnya usaha pembuatan pakan ternak unggas yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri.

“Ke depan dapat meminimalisir ketergantungan kebutuhan pakan ternak unggas produksi perusahaan besar yang selama ini menguasai pasar dan penentu harga pakan di pasaran,” papar Setya.

Kegiatan itu tersebut, kata Setya juga memperkenalkan tenant-tenant yang dikawal dalam program Startup Inovasi Indonesia (SII) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2021.

“Kami mengharapkan dan mengajak dunia usaha khususnya tenant binaan BBIHP dan Pemkab Sidrap agar benar-benar memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan jaringan kerjasama dengan para investor dan institusi pemberi program pembinaan yang bermanfaat bagi kelangsungan usaha perusahaan saudara,” terang Setya.

Sebagai informasi, Business Matching adalah kegiatan yang mempertemukan pelaku bisnis dengan para mitra bisnis seperti investor, perbankan, distributor, reseller, keagenan
dan dinas terkait yang mempunyai program pembinaan IKM/UMKM untuk menjajaki kerjasama potensi pengembangan usahanya menjadi lebih maju dan berdaya saing.

“Kegiatan ini merupakan pembinaan dan pengembangan potensi daerah kabupaten Sidrap menuju pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat khususnya UMKM,” tandas Setya. (Risal Bakri)

Pos terkait