Pemerintah Sidrap Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik bagi ASN

  • Whatsapp
Pemerintah Sidrap Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik bagi ASN

SIDRAP, UPEKS.co.id — Pemerintah Sidenreng Rappang mendorong penggunaan kendaraan listrik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lingkungan pemerintahan.

Hal ini disampaikan H Mahmud Yusuf saat dikonfirmasi di tengah launching Komunitas Motor Listrik chapter Sidrap, Selasa (26/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Menganalisa kegunaan dan keunggulan yang dimiliki kendaraan listrik baik motor dan mobil, tentu hal ini tidak bisa disia-siakan. Sehingga tentu pemerintah akan mendorong penggunaan kendaraan listrik ini di lingkungan pemerintahan,” pungkasnya

Kedepannya, lanjut dia, pihaknya akan menggandeng perbankan atau pihak tertentu untuk memudahkan ASN memiliki kendaraan listrik tersebut.

“Mungkin hal yang pertama kami lakukan ke ASN adalah edukasi kegunaan dan keunggulan kendaraan listrik. Dan selanjutnya akan bekerja sama dengan pihak tertentu seperti perbankan untuk kemudahan ASN memiliki kendaraan listrik tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini secara umum, masyarakat Bumi Nene Mallomo antusias menyambut kendaraan listrik ini cukup tinggi.

“Saat ini, Komunitas Kendaraan Listrik pertama hadir di Sidrap yang beranggotakan sekitar 50 orang. Tentu hal ini salah satu bukti, jika masyarakat sudah mulai melirik kendaraan listrik tersebut,” tutur Wabup yang juga Ketua Kendaraan Listrik Chapter Sidrap ini.

Selain itu, ia juga menyebutkan, kendaraan listrik ini lebih hemat dari kendaraan konvensional. Bahkan kata dia, harganya terjangkau dan ramah lingkungan pastinya.

Sementara itu, General Manager PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Awaluddin Hafid mengatakan guna mendukung terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Sulawesi, PLN UIW Sulselrabar telah membangun 1 (satu) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Indonesia Timur yang berada di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Kota Makassar.

“Ke depan, PLN UIW Sulselrabar akan menambah 2 lokasi SPKLU, 1 lokasi di Sulawesi Selatan dan 2 lokasi di Sulawesi Tenggara,” imbuhnya.
Tambah dia, dengan cadangan daya yang ada yaitu sebesar 588 MW, PLN siap melayani kebutuhan listrik. Para investor diharapkan tidak perlu ragu berinvestasi di Provinsi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. (Mimi)