Pacitan Dilanda Gempa 4,8 Magnitudo, Getaran Terasa sampai Yogyakarta

Pacitan Dilanda Gempa 4,8 Magnitudo, Getaran Terasa sampai Yogyakarta

 

YOGYAKARTA, Upeks.co.id – Pacitan, Jawa Timur, dilanda gempa bumi. Dengan magnitudo 4,8 pada Rabu, siang (13/10).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi magnitudo 4,8 pada pukul 12.00.47 WIB, berada pada 8,87 Lintang Selatan dan 110,97 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 kilometer arah barat daya Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 55 kilometer.

Gempa berpusat di barat daya wilayah Kabupaten Pacitan dan getarannya terasa hingga di sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” kata Ikhsan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

“Yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa,” jelas dia.

Ikhsan mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Seorang warga Yogyakarta, Imam Prasetyo mengaku merasakan getaran gempa saat berada di Bantul. Baca Juga: Gempa Guncang Kepulauan Sangihe! Menurut dia, getaran gempa mampu mengguncang kursi tempat duduknya, meski dirasakan hanya sebentar.
“Kaget saja, pas duduk ngetik mengerjain pekerjaan tiba-tiba kursinya goyang. Meski sebentar dan pelan sempat khawatir saja karena terasa sekali,” ujar Imam. (antara/jpnn/*)