Legislator NasDem Tasming Hamid Sosialisasi Perda RTRW, Wujudkan Tata Ruang Kota Parepare Efisien dan Produktif

  • Whatsapp
Legislator NasDem Tasming Hamid Sosialisasi Perda RTRW, Wujudkan Tata Ruang Kota Parepare Efisien dan Produktif
Suasana sosialisasi Perda di Gedung Hotel Delima Sari Parepare, kemarin.

PAREPARE, UPEKS.co.id — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Parepare, H Tasming Hamid (TSM) mensosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah kota Parepare Tahun 2021-2041, di Hotel Delima Sari, Kota Parepare, sore kemarin, Senin (24/10/2021)

Tasming menjelaskan, perda ini sebenarnya sudah lama pembahasan, tapi karena perda ini memang sangat banyak berkaitan dengan aturan-aturan, makanya eksistensi sampai ke Mendagri sangat lama.

Bacaan Lainnya

“Kemarin tahun 2020 sebenarnya sudah ada finalisasi. Cuma, karena adanya UU baru Cipta Kerja sehingga direvisi kembali,” jelasnya.

Tasming menyebut, penataan ruang wilayah Parepare bertujuan untuk mewujudkan kondisi ruang kota yang aman, nyaman, efisien dan produktif secara berkelanjutan.

“Hal itu, sesuai dengan fungsi Parepare sebagai kota pusat pelayanan kawasan Ajatappareng yang berbasis perdagangan dan jasa, dengan tetap mempertimbangkan daya dukung lingkungan serta kelestarian sumber daya alam,” ujarnya.

Ia menambahkan, adapun struktur ruang wilayah Parepare meliputi sistem perkotaan, jaringan transportasi, jaringan energi, jaringan telekomunikasi, sumber daya air dan infrastruktur perkotaan.

“Dalam perda ini juga dijelaskan terkait strategi penataan ruang, rencana pola ruang, kawasan strategis, arahan pemanfaatan ruang wilayah, dan hal penting terkait lainnya.
Perda ini mengatur kira-kira kota Parepare terkait tata ruangnya modelnya bagaimana ke depan,” tandasnya. (AU)

 

Pos terkait