Kominfo Lutim Gelar Pembinaan Pengisian Metadata Statistik Sektoral Daerah

  • Whatsapp
Kominfo Lutim Gelar Pembinaan Pengisian Metadata Statistik Sektoral Daerah

 

Lutim, Upeks.co.id–Dalam upaya melakukan pengembangan metadata statistik sektoral daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim), maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) menggelar Pembinaan Pengisian Metadata Statistik Sektoral Daerah, di Ruang Media Center Diskominfo, Selasa (12/10/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan pembinaan pengisian metadata statistik sektoral daerah dibuka oleh Kepala Seksi Statistik Bidang Aptika, Andri Firdaus, dengan menghadirkan narasumber Siti Maisyarokh, S.St, dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur, yang diikuti oleh para Perencana dari masing-masing OPD Lingkup Pemkab Lutim.

Kepala Seksi Statistik, Andrie Firdaus saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, kegiatan tersebut diselenggarkan selama sehari dan dibagi dua sesi, yakni ada yang pagi dan ada yang siang, hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan dalam ruangan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid19.

Terkait acara yang diselenggarakan, Andri mengungkapkan bahwa, produsen memilah data dari perusahaan data dikarenakan produsen adalah wali data. Dimana wali data yang dimaksudkan ialah mengumpulkan, mengolah, memvalidasi, dan mengevaluasi data dan kemudian diserahkan kepada pembina data dan akan didiskusikan kembali bersama kordinator data.

“Segala macam data-data berupa model perencanaan daerah, kami ambil karena data yang bersifat rahasia, ada sifatnya bisa di publis kepada masyarakat sehingga data tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Andrie Firdaus.

Terakhir dia menambahkan, secara garis besar mengolah data dari segala data perlu dilakukan, sehingga menjadi data umum seperti data perencanaan. “Nah beberapa ekabilitas yang didapatkan dari beberapa data yakni, dapat berbentuk laporan, buku, serta dokumen-dokumen,” tandasnya. (ikp/kominfo)