Jaksa Kejati Sulsel Terima Berkas Perkara Sabu 75 Kg

  • Whatsapp
Jaksa Kejati Sulsel Terima Berkas Perkara Sabu 75 Kg

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Tim Jaksa Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, telah menerima berkas perkara 75 Kg sabu dari penyidik Ditresnarkoba Polda Sulsel.

Kasi Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya (Zal) Bidang Pidana Umum Kejati Sulsel, Herawati mengatakan, pihaknya telah menerima berkas perkara 75 Kg sabu itu sejak, Senin kemarin.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menerima berkas tahap Satunya. Saat ini kami sementara teliti berkas dan periksa berkasnya, ” kata mantan Kasi Pidsus Kejari Gowa ini, Rabu (27/10/2021).

Herawati mengaku, berkas tahap satu dikirim ke Kejati setelah Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) lebih dulu dikirim dari penyidik Ditresnarkoba Polda Sulsel.

Diketahui, 75 Kg sabu yang berhasil digagalkan peredarannya oleh Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel di Makassar selama dua kali penangkapan, itu berasal dari Kota Surabaya.

Sabu tersebut dua kali penangkapan. Awalnya dilakukan anggota, pada Rabu 25 Agustus 2021 di salah satu hotel di Jl Jenderal Sudirman Makassar dan Sabtu 28 Agustus 2021 di salah satu hotel di Jl Mappanyukki, Makassar.

Pada penangkapan pertama, Timsus Narkoba Polda Sulsel berhasil menyita barang bukti 40 Kg sabu dikemas dalam 30 bungkus dan 4.000 pil ekstasi. Barang haram itu disita dari tersangka SYF (37) dan ABJ (24).

Kemudian penangkapan yang kedua, polisi berhasil menyita 35 Kg sabu dikemas dalam 10 bungkus dan 28.747 pil ekstasi yang dikemas dalam enam bungkus. Barang berbahaya itu disita dari salah tersangka berinsial FTR (28)

SYF ini berperan sebagai pembawa barang tersebut dari Surabaya ke Makassar. Ini jaringan Internasional Filipina dan Malaysia.

Pengungkapan ini bukan langsung dilakukan. Barang haram itu berhasil diungkap selama dua bulan dilakukan pendalaman dan penyelidikan. (Jay)