GoTo Menjadi Aplikasi Pertama Hadirkan Fitur PeduliLindungi

  • Whatsapp
GoTo Menjadi Aplikasi Pertama Hadirkan Fitur PeduliLindungi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mengendalikan COVID-19 di tengah percepatan pemulihan ekonomi nasional, kini fitur PeduliLindungi milik Kementerian Kesehatan RI, bisa diakses pada aplikasi Gojek dan Tokopedia (GoTo).

Hal ini diungkapkan Head of Regional Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Guntur Arbiansyah pada Ngobrol Bareng Gojek, di Jalan Latimojong, Selasa (12/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Kabar baik, saat ini masyarakat dapat mengakses fitur PeduliLindungi di Gojek dan Tokopedia. Dalam hal ini, sudah miliki aplikasi Gojek, tentu juga sudah miliki PeduliLindungi,” ujarnya.

Bahkan kata dia, Gojek dan Tokopedia merupakan aplikasi pertama yang menghadirkan PeduliLindungi dengan bekerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pastinya.

“GoTo adalah yang pertama menghadirkan fitur PeduliLindungi dalam satu aplikasi. Tujuannya tentu untuk memudahkan masyarakat mengakses PeduliLindungi,” pungkasnya.

Sejalan dengan ini, para pelaku usaha, termasuk UMKM, diharapkan dapat bangkit bersama untuk kembali secara leluasa beraktivitas dan berusaha.

“Sehingga diharapkan inisiatif ini dapat menjadi solusi bagi seluruh mitra kami dalam menjalankan aktivitas tanpa batas,” ujarnya.

Selain itu, sebut dia, hingga saat ini GoTo memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, lebih dari 11 juta mitra usaha dan UMKM, serta lebih dari 2 juta mitra driver di Asia Tenggara.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menuturkan betapa pentingnya penggunaan PeduliLindungi untuk memperkuat upaya pengendalian COVID-19 sehingga masyarakat diimbau untuk melakukan check-in secara mandiri dengan memindai QR Code PeduliLindungi di fasilitas umum.

“Tentu saya sangat mengapresiasi dukungan GoTo yang responsif dalam menjadi yang pertama di industri untuk menyediakan akses ke aplikasi PeduliLindungi di Gojek dan Tokopedia,” ujarnya.

Untuk itu, diharapkan melalui dengan kerja sama ini, seluruh proses verifikasi dan pemrosesan data tetap dilakukan oleh PeduliLindungi.

“Sehingga, masyarakat tetap merasa aman dan nyaman menggunakan aplikasi apapun untuk mengakses PeduliLindungi, tentunya,” pungkasnya.

Senada diungkapkan, Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, untuk bisa bangkit bersama di tengah pandemi, tentu pelaksanaan kontak dengan memanfaatkan teknologi sangat penting.

Alasannya kata dia, tentu untuk mempercepat penanggulangan Covid-19. Sehingga dibutuhkan senigergitas dari seluruh aspek.

Namun perlindungan data pengguna PeduliLindungi harus dilindungi, dalam hal ini insiden kebocoran data harus dapat diantisipasi.

Kemudian kata dia, dengan adanya inisiasi dari GoTo yakni menghadirkan fitur PeduliLindungi, tentu ini adalah angin segar bagi masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan.

“Karena selain untuk memudahkan pengguna menerapkan protokol kesehatan di tengah mobilitas pada fasilitas umum, tentu juga keamanan pengguna bisa terjamin. Dengan pertimbangan, mengingat hingga sejauh ini, data pengguna aplikasi GoTo masih terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menambahkan, jaringan mitra dan pengguna terluas di Indonesia, serta Asia Tenggara, dalam ekosistem GoTo menjadikan aset terbaik bangsa untuk mendukung pengendalian dan penanggulangan Covid-19.

“Tersedianya PeduliLindungi di aplikasi Gojek dan Tokopedia, merupakan bentuk dukungan GoTo untuk turut memberikan keamanan bagi masyarakat saat berkunjung ke fasilitas umum,” ujarnya.

Dia berharap, inisiatif ini dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan bersinergi berbagai elemen bangsa secara gotong royong pastinya.

“Dan sebagai informasi juga, fitur PeduliLindungi dapat diakses di aplikasi Gojek dan Tokopedia baik di Android maupun iOS (dalam waktu dekat fitur PeduliLindungi akan tersedia bagi pengguna Gojek di iOS),” sebutnya.

Sebagai informasi Gojek adalah platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan yang berdiri berdasarkan prinsip memanfaatkan teknologi untuk menghilangkan gesekan kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.

Pada tahun 2021, Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dan menjadi ekosistem andalan untuk keseharian pastinya. (Mimi)