Aliyah Mustika Bersama BP2MI Ingatkan Bahaya Pekerja Migran  Nonprosedural

  • Whatsapp
Aliyah Mustika Bersama BP2MI Ingatkan Bahaya Pekerja Migran  Nonprosedural

Makassar, Upeks.co.id — Maraknya perlakuan tidak menyenangkan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjadi perhatian khusus Anggota Komisi IX DPR RI dari Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham.

Untuk itu, pihaknya bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) UPT. Makassar, memberikan edukasi kepada masyarakat kota Makassar terkait bahaya PMI nonprosedural.

Bacaan Lainnya

Edukasi tersebut dikemas dalam bentuk sosialisasi yang digelar di Hotel Maleo, Rabu (27/10/2021) dengan menghadirkan Kepala UPT BP2MI Makassar, Agus Bustami, SE,MM selaku narasumber.

“Masyarakat harus tahu tentang bahaya PMI Nonprosedural, demi melindungi diri mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di luar negeri,” ujar Aliyah

Kata dia, PMI Non prosedural sangat rentan akan bahaya dikemudian hari bagi PMI itu sendiri,semisal sering menjadi korban penganiayaan, adanya gaji yang tak terbayarkan, dan berbagai kasus lainnya, bahkan tak jarang berujung pada kematian.

Dalam sosialisasi kali ini, Kepala UPT BP2MI Makassar, Agus Bustami juga menjelaskan bagaimana bekerja keluar negeri secara prosedural, serta membuka pandangan baru kepada masyarakat bahwa bekerja diluar negeri tidaj melulu bekerja di sektor ladang, atau menjadi asisten rumah tangga.

“Masih ada beberapa pekerjaan lain, seperti perawatm pekerja pabrik. Untuk itu UPT BP2MI Makassar juga menyarankan agar masyarakat yang ingin berangkat membekali diri dengan ilmu yang sesuai. Mendapatkan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bakat serta kebutuhan negara tujuan,” lanjutnya.

Masyarakat dapat ke kantor UPT BP2MI untuk menanyakan langsung, negara mana saja yang membutuhkan tenaga sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Dengan melalui prosedural, PMI memilliki data yang jelas, keberadaan mereka mudah diketahui, terpantau, dan tentunya dapat bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing. (Mim)