1.041 Ekor Sapi dari Australia Tiba di Pelabuhan Parepare

  • Whatsapp
1.041 Ekor Sapi dari Australia Tiba di Pelabuhan Parepare

PAREPARE, UPEKS.co.id – PT Berdikari (Persero)  siap memenuhi kebutuhan daging di Sulawesi Selatan. Sebanyak 1.041 ekor sapi yang didatangkan dari Australia. Jenis Brahman Cross. Jumat kemarin tiba dan turun di Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare.

Sapi ini diturunkan setelah melakukan tahapan pemeriksaan kelayakan di Stasiun Karantina Pertanian Parepare. Sapi berukuran besar itu lalu diangkut ke lahan peternakan milik PT Berdikari yang ada di Kabupaten Sidrap, menggunakan truk.

Bacaan Lainnya

PT Berdikari merupakan  perusahaan milik pemerintah (BUMN) yang bergerak dalam bidang peternakan dan produk olahan hasil peternakan,

Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Harry Warganegara mengatakan, pihaknya memesan sebanyak 2.000 ekor sapi, namun, penambahan 41 ekor, jadi total keseluruhan 2.041 ekor dalam satu kapal. “Tiga hari lalu dibongkar di Jakarta, dan hari ini dibongkar di Parepare sebanyak 1.041 ekor sapi jenis sapi brahman cross,” ungkapnya, Sabtu (9/10/2021).

Peruntukan sapi tersebut lanjutnya, untuk fattening atau proses penggemukan selama 3-4 bulan, setelah itu, akan dimasukkan ke RPH (Rumah Pemotongan Hewan) yang ada di Sulsel, Sulbar, hingga Kaltim.

“Pengiriman sapi ini pertama kali sejak sempat berhenti pada tahun 2014. Kita mulai pengiriman sapi sebanyak seribuan dulu, tapi selayaknya sebulan dua bulan kemudian kami akan kirim lagi seribu. Sehingga ke depan,di tiap bulannya sapi-sapi tersebut bisa dipanen,” beber Harry.

Hal senada juga dijelaskan Direktur PT Bulls, Irman Yasin Limpo, yang juga selaku pihak yang melakukan fattening mengatakan, sapi-sapi tersebut akan menjalani proses penggemukan selama 3 bulan. “Kita fattening selama 120 hari. Kita targetkan minimal perharinya naik 1,3 kilogram,” pungkas Irman Yasin Limpo. (AU)