Yuuk Intip Keseruan di Chinatown Singapura

  • Whatsapp
Yuuk Intip Keseruan di Chinatown Singapura

Makassar, Upeks.co.id- Singapura merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya. Anda dapat menyelami kekayaan budaya Singapura di setiap sudut.

Chinatown atau Pecinan dapat menjadi tempat wisata budaya dan sejarah yang seru di Singapura. Pembangunan Chinatown dimulai dari Telok Ayer, kemudian seiring waktu dan kebutuhan terus berkembang ke Kreta Ayer, Bukit Pasoh, sampai Tanjong Pagar.

Bacaan Lainnya

Sir Stamford Raffles pada rancangan kota tahun 1822, mengalokasikan area Chinatown sebagai tempat tinggal imigran asal China yang disebut Chinese Campong. Pembangunan Chinatown resmi dilakukan pada 1843.

Sebagai kawasan bersejarah, pengunjung tidak hanya dapat menemukan situs sejarah kuno yang berada di Chinatown.

Justru, kata dia, pengunjung akan menemukan kawasan yang begitu hidup dengan penginapan, restoran, dan pertokoan dengan arsitektur ala China di Chinatown yang terkenal ramah Muslim.

Ketika menginjakkan kaki di area Chinatown, pengunjung dapat melihat area pertokoan dengan lentera, gapura ala oriental, dan warna ornamen merah-emas yang erat dengan budaya China.

Hal menarik dari Chinatown Singapura, pengunjung dapat menemukan perpaduan dua sisi zaman yang harmonis. Ada sisi bersejarah yang penuh kenangan dan sisi modern yang memikat.

Semangat toleransi Singapura juga tercermin dari kawasan Chinatown.

Ada empat tempat ibadah dari agama berbeda yang memiliki lokasi sangat dekat di Chinatown.

Masjid Jamae (Chulia), Kuil Sri Mariamman, Buddha Tooth Relic Temple & Museum, dan Gereja Fairfield Methodist lokasinya dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari satu tempat ibadah ke yang lain.

Berikut adalah delapan rekomendasi aktivitas ramah Muslim untuk mengeksplor Chinatown Singapura.  Diantaranya :

1. Menginap di hotel trendi dan estetik daerah Chinatown

2. Beribadah di Masjid Jamae (Chulia) yang bersejarah,

3.  Berkunjung ke rumah tradisional Peranakan NUS Baba House

4. Belajar sejarah imigran China Singapura di Chinatown Heritage Centre

5. Wisata kuliner di Chinatown

6. Belanja oleh-oleh unik dari Chinatown

7. Tur naik becak yang seru

8. Berfoto di lukisan dinding karya seniman lokal

Simpan dulu daftar tersebut sampai pembatasan perjalanan dibuka kembali dan Singapura akan menunggu Anda.

Informasi lainnya, Singapura menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai insdustri, termasuk indisurti pariwisata dan layanan maksanan.

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemic virus Covid-19.  (Mimi)