Unismuh Kukuhkan 4021 Mahasiswa Baru

  • Whatsapp
Unismuh Kukuhkan 4021 Mahasiswa Baru

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Universitas Muhammadiyah Makassar mengukuhkan 4021 mahasiwa baru tahun ajaran 2021/2022. Pengukuhan digelar dalam momentum Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dipimpin Rektor Unismuh Prof Ambo Asse.

Kegiatan ini digelar secara luring dan daring. Acara luring dihelat di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin, Sabtu, 25 September 2021. Sementara itu, sebagian besar mahasiswa mengikuti kegiatan melalui aplikasi zoom.

Bacaan Lainnya

Sebelum proses pengukuhan, diawali dengan beberapa rangkaian acara. Salah satunya, penandatanganan pernyataan kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan STMIK AKBA dan Yayasan Hadji Kalla. MoU tersebut terkait dengan penguatan pelaksanaan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Selain itu, ada pula penyerahan SK Guru Besar Prof. Dr. Nursalam, yang disampaikan oleh perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX. Nursalam menyandang gelar profesor dalam bidang Pendidikan Sosiologi.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir juga mengumumkan 23 mahasiswa Unismuh yang berprestasi tingkat nasional. Mahasiswa tersebut merupakan pemenang atau kontestan lomba tingkat nasional, baik yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud , maupun lembaga bergengsi lainnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor II Unismuh Dr Andi Sukri Syamsuri mengumumkan 50 SMA/Sederajat yang alumnusnya paling banyak melanjutkan kuliah di Unismuh Makassar. Tahun ini, maba terbanyak berasal dari SMA Negeri 3 Takalar, sedangkan dari sekolah swasta terbanyak dari SMA Muhammadiyah Limbung.

Setelah itu, Wakil Rektor I Abd. Rakhim Nanda juga mengumumkan rincian jumlah penerimaan mahasiswa baru di setiap fakultas. Penerima mahasiswa baru terbanyak adalah Fakultas Agama Islam yakni 888 orang, Fakultas Ekonomi Bisnis 792 orang, FKIP 665 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 429 orang, Fakultas Teknik 402 orang, FISIP 392 orang, Fakultas Pertanian 226 orang, dan Pascasarjana 223 orang.

Diumumkan juga program studi tercepat pemenuhan quota pendaftar mahasiswa baru di Unismuh Makassar, yakni Pendidikan Dokter, Farmasi, Informartika, Manajemen, PGSD, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah), Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Administrasi Negara.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para mahasiswa berpretasi dan 50 orang kepala sekolah yang hadir. Piagam diserahkan langsung oleh Rektor Unismuh, bersama Ketua BPH, dan para wakil rektor.

Sebelum memberikan sambutan, Rektor memimpin proses pengukuhan mahasiswa baru, dengan memimpin pembacaan ikrar, dan pemakaian jas kepada perwakilan mahasiswa dari semua Fakultas di Unismuh.

Dalam sambutannya, Rektor berpesan agar mahasiswa baru senantiasa berkomitmen pada diri sendiri untuk selesai tepat waktu.

“Bersungguh-sungguh memperhatikan pelajaran dari dosen, dan memiliki disiplin waktu,” pesan Guru Besar Ilmu Hadits ini.

Ambo Asse juga mengingatkan para mahasiswa agar senantiasa menjaga hubungan dengan Allah Swt. “Salat, zikir, baca doa. Rajin Belajar tapi tetap jaga ibadah. Jangan fokus belajar, salat ditinggalkan,” tegasnya.

Terakhir, nakhoda Unismuh ini juga berpesan agar mahasiwa senantiasa memelihara kedamaian dengan sesama makhluk, baik dengan sesama manusia maupun dengan alam semesta.

 *Ketua BPH Apresiasi Prestasi Mahasiswa*

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof. Dr. Gagaring Pagalung menyampaikan apresiasinya

terhadap sejumlah capain prestasi yang diraih mahasiswa Unismuh Makassar belakangan ini.

“Tadi pagi, saya dapat WA dari WR 3. Mahasiswa kita mendapatkan pemenang Lomba Duta Kampus Merdeka-Merdeka Belajar Se-Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara,” beber Prof. Gagaring pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Unismuh Makassar, Sabtu, 25 September 2021, di Balai Sidang Unismuh Makassar.

Hal ini, kata Prof. Gagaring, tentu membanggakan. Ia berharap raihan prestasi tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa baru untuk selanjutnya juga mencapai prestasi bahkan lebih baik dari capaian hari ini.

Prof. Gagaring juga mengungkapkan, mahasiswa Unismuh Makassar telah mendapatkan dana hibah dari pemerintah yang jumlahnya telah mencapai Rp499 juta.

“Karena itu, saya berharap mahasiswa baru ini juga bisa berupaya, memaksimalkan peran untuk juga mendapatkan dana-dana hibah seperti ini, nantinya,” harap Prof. Gagaring.

Hal ini, ungkap Prof. Gagaring, karena kampus telah berupaya untuk mendidik, membina, dan membimbing para mahasiwa untuk belajar efektif dan berprestasi, bahkan di masa Pandemi.

“Kampus telah menetapkan empat strategi perkuliahan selama Pandemi Covid-19, yaitu preventif, promotif, pengawasan, dan mitigasi. Insya Allah, dengan strategi ini, kehidupan kampus di masa pandemi ini dapat berjalan dengan new normal yang efektif dan adaptif,” tandas Prof. Gagaring.

*Amanah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah*

Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel, Dr. Syaiful Saleh juga menyatakan bahwa pihaknya juga mendukung setiap langkah yang ditempuh Unismuh untuk mengembangkan kampus.

Syaiful juga mengapresiasi capaian prestasi mahasiswa dan kampus belakangan ini. Tidak hanya itu, Mantan Ketua BPH Unismuh ini, juga mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk tidak hanya mementingkan capaian prestasi intelektual.

“Saya meneruskan dua pesan Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah kepada mahasiswa baru, yaitu jaga akhlak dan semangat jihad. Kalau demo, silakan sampaikan aspirasi kalian, tapi demo yang baik, jangan merusak,” ungkap Syaiful.

Syaiful Saleh mengingatkan, akhlak merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh orang berilmu. Hal ini, kata Syaiful, sesuai dengan penegasan Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya.

Selain itu, semangat untuk berjihad di jalan Allah. ” Jihad fii sabilillaah itu, salah satunya adalah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Jadi, jagalah semangat itu,” tutup Syaiful Saleh. (Rasak).