Tingkatkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Adakan Monitoring dan Evaluasi SIPP di FKTP

  • Whatsapp
Tingkatkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Adakan Monitoring dan Evaluasi SIPP di FKTP

 

Bacaan Lainnya

Ambon, upeks.co.id – Demi peningkatan kualitas layanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di FKTP, Kamis (16/09). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh perwakilan Puskesmas di seluruh Kota Ambon.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan, fasilitas kesehatan wajib menyediakan unit yang memiliki fungsi pelayanan informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN-KIS.

“Selama ini, pemberian informasi dan penanganan pengaduan di FKTP belum tercatat, baru rumah sakit yang telah melakukannya dengan didukung aplikasi SIPP. Semoga penggunaan aplikasi SIPP di FKTP ini dapat segera diimplementasi, guna meningkatkan kepuasan peserta terhadap pelayanan kesehatan di FKTP,” ungkap Mondang.

Aplikasi SIPP akan membantu memudahkan peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan informasi dan menyampaikan keluhan atau kendala yang dialami pada saat menjalani pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan monitoring dan evaluasi SIPP di FKTP se-Kota Ambon sehingga dapat dilakukan upaya perbaikan bersama antara BPJS Kesehatan dan FKTP.

“Saya berharap kami dan perwakilan FKTP di Kota Ambon dapat memahami hal-hal yang menjadi catatan dan dapat segera menindaklanjuti catatan tersebut. Tujuannya semata-mata agar kita dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk peserta JKN-KIS di Kota Ambon,” ujar Wendy. (yr)