Tingkatkan Kualitas Dokter FKTP, BPJS Kesehatan Kota Tual Adakan Mentoring Dokter Spesialis

  • Whatsapp
Tingkatkan Kualitas Dokter FKTP, BPJS Kesehatan Kota Tual Adakan Mentoring Dokter Spesialis

 

Tual, Upeks.co.id– BPJS Kesehatan Kota Tual mengadakan mentoring spesialis untuk dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kota Tual, Rabu (29/09). Topik yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah mengenai pencegahan stunting pada anak dan diagnostik serta penatalaksanaan hipertensi.

Bacaan Lainnya

“Kedua tema ini kami angkat karena masih kerap terjadi di masyarakat. Kami berharap rekan-rekan di FKTP dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat dari kedua tema yang nanti kita bahas. Kami berterima kasih kepada dokter spesialis yang telah bersedia berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada para dokter di FKTP maupun praktik mandiri sehingga ketika menghadapi kasus sesuai dengan tema yang kita angkat ini, bisa dipraktikkan dengan baik,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan.

Dalam kegiatan tersebut, dr. Nyoman Gina Henny Kristianti yang hadir sebagai narasumber memaparkan mengenai pentingnya memperhatikan mengenai kondisi stunting pada anak karena ada dampak yang ditimbulkan dalam perkembangan anak.

“Kita sudah sering mendengar mengenai stunting namun yang paling penting kita bisa mendeteksi lebih dini. Kalau kita lihat prevalensi stunting di dunia, Indonesia menempati urutan kelima, hal ini menjadi masalah penting bagi kita. Untuk menilai status kondisi anak sudah ada klasifikasi penilaian status gizi berdasarkan WHO Child Growth Standards. Permasalahan mengenai stunting perlu diperhatikan karena bisa menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan kesehatan selama masa anak-anak hingga dewasa, maka dari itu perlu kita deteksi sedari dini,” papar Nyoman.

Dalam paparan kedua, dr. Laksmita Ayu Dewi Tetanel menyampaikan perlunya para dokter untuk mengetahui dan memahami penatalaksanaan penyakit hipertensi agar bisa terkontrol dan tidak memburuk.

“Pada FKTP, hipertensi termasuk salah satu penyakit yang paling banyak ditemui. FKTP diharapkan bisa mengelola pasien yang menderita hipertensi agar tidak berlanjut ke arah stroke. Hipertensi ini kita sebut sebagai penyakit silent killer sehinga perlu diwaspadai,” ujar Laksmita. (yr)