Tingkatkan Fungsi Komite Sekolah Melalui AD/ART

  • Whatsapp
Tingkatkan Fungsi Komite Sekolah Melalui AD/ART
Plh Kabid Pendidikan Dasar Disdik Makassar, Syarifuddin

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Dewan Pendidikan Kota Makassar menggelar kegiatan acara Sosialisasi Peningkatan Fungsi Komite Sekolah SD dan SMP di Mercure Hotel, Rabu (15/9/2021).

Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Makassar, Dr. Syarifuddin, S.Pd. M.Pd menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Syarif memaparkan materi berjudul peningkatan fungsi komite sekolah melalui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) komite sekolah.

“Komite sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan,” papar Syarif.

Komite sekolah memiliki beberapa tugas. Diantaranya, memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan sekolah.

Menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat, baik perseorangan, organisasi, industri usaha hingga pemangku kepentingan.

Lalu, mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan menindaklanjuti kritikan, saran dan aspirasi.

“Sementara itu, fungsi komite sekolah bertujuan sebagai peningkatan multi pelayanan pendidikan secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional dan akuntabel,” ujarnya. (ris)