Survei: OVO Jadi Platform Pembayaran Digital Paling Sering Digunakan di Indonesia

Survei: OVO Jadi Platform Pembayaran Digital Paling Sering Digunakan di Indonesia

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Platform pembayaran digital, reward, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, OVO, menjadi platform pembayaran digital yang paling populer dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Hasil survei Studi Perilaku Penggunaan Pembayaran Digital dan Layanan Keuangan di Indonesia yang dirilis oleh Kadence International Indonesia mengungkapkan bahwa dari segi kesadaran merek, OVO berhasil mengena hati 96% responden, di mana 71% di antaranya adalah pengguna aktif selama setidaknya sebulan terakhir.

Bacaan Lainnya

Survei yang meneliti pola perilaku pengguna aktif pembayaran digital ini menyebut, OVO adalah merek yang paling sering mereka gunakan, dengan perolehan angka 31%, dan banyak dipakai untuk keperluan transaksi baik online maupun offline.

Menurut Harumi Supit, Head of Corporate Communications OVO, maraknya penggunaan dompet digital di Indonesia menjadi cerminan bahwa transformasi digital, untuk mendorong inklusi keuangan dan pemulihan ekonomi nasional yang menjadi tujuan Pemerintah Indonesia semakin nyata perwujudannya.

“Masyarakat Indonesia sudah semakin terbiasa dengan transaksi digital dan non-tunai, di mana transformasi perilaku ini sebagian besar dipicu oleh adanya pandemi Covid-19, yang mengharuskan masyarakat untuk bertransaksi secara aman dan nyaman untuk berbagai kebutuhan sehari-harinya,” kata Harumi dalam keterangan resminya, yang diterima Upeks di Makassar, Selasa (7/9/2021).

Ditegaskan, OVO sejak awal hadir di Indonesia, dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang beragam dan terus berkembang. Kemudahan dalam bertransaksi, ekosistem penggunaan yang luas, serta inovasi yang berkelanjutan menjadi hal yang amat penting, agar senantiasa dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

“Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih atas dukungan pengguna setia yang hingga saat ini banyak mengandalkan OVO untuk berbagai keperluan keuangan digitalnya,” lanjut Harumi.

Upaya OVO dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai aspek, sejalan dengan temuan survei Kadence International Indonesia yang menegaskan bahwa, OVO banyak dipilih oleh responden dengan alasan kemudahan penggunaan aplikasi, jaminan keamanan dan kerahasiaan, serta sering direkomendasikan oleh banyak orang.

Selain itu, manfaat yang didapat ketika responden bertransaksi menggunakan OVO, juga menjadikan OVO unggul dari segi pengulangan penggunaan oleh pengguna.
Temuan survei Kadence International Indonesia lainnya terkait penggunaan pembayaran digital untuk transaksi online, adalah transaksi pemesanan makanan online, di mana 8 dari 10 responden menggunakan OVO untuk transaksi tersebut.

Sementara untuk transaksi offline, khususnya pembelian makanan, minuman dan ritel, OVO digunakan oleh hampir 7 dari 10 responden dengan alasan kemudahan dalam penggunaan aplikasinya. OVO pun dipilih oleh 72% pelaku UMKM sebagai alat pembayaran mereka selama pandemi COVID-19. Hal ini sejalan dengan dukungan OVO terhadap UMKM sebagai tulang punggung ekonomi negara.

Sebagai bentuk terima kasih atas dukungan setia para pengguna dalam menjadikan OVO sebagai alat bantu pembayaran digital untuk berbagai kebutuhan, OVO menghadirkan program OVO 9.9 Fantastic Sale selama periode 9 – 12 September 2021.

Program ini memberikan kesempatan kepada seluruh pengguna, baik pengguna baru untuk mendapatkan cashback hingga 99% dan beragam promo diskon di banyak merchant online OVO, serta pembayaran pulsa dan tagihan di aplikasi OVO. Khusus bagi pengguna baru OVO juga tersedia tambahan cashback hingga 99.999 OVO Points. (eky)