Sukseskan Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Pastikan Aplikasi P-Care Vaksinasi Berjalan Lancar

  • Whatsapp
Sukseskan Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Pastikan Aplikasi P-Care Vaksinasi Berjalan Lancar

Bacaan Lainnya

 

Buton Utara, upeks.co.id – Pemerintah Kabupaten Buton Utara melalui satgas Covid-19 beserta TNI Kodim 1429 Buton Utara, menggelar vaksinasi massal di Gedung Islamic Center, Ereke, Kabupaten Buton Utara, Jumat (24/09). Sasaran vaksinasi adalah seluruh masyarakat Kabupaten Buton Utara dan sekitarnya.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, BPJS Kesehatan terus memantau untuk memastikan aplikasi P-Care Vaksinasi dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan kemudahan saat pelaksanaannya, sehingga kegiatan vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Buton Utara, Ashari Ramadhani.

Ashari menambahkan BPJS Kesehatan akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan memberikan dukungan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi yang dipergunakan untuk proses registrasi peserta vaksin, screening kondisi kesehatan serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh petugas vaksinasi.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini, kami telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara serta satgas Covid-19 Buton Utara untuk melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi,” imbuh Ashari.

Kegiatan vaksinasi merupakan upaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Buton Utara, Endang Susilowaty menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai persiapan menyambut calon aparatur sipil negara, karena dalam waktu dekat Pemda Kabupaten Buton Utara menggelar seleksi penerimaan CASN yang salah satu persyaratan peserta telah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Kami bekerjasama dengan Kodim 1429 Buton Utara, kebetulan stok dosis vaksin milik kami dikhawatirkan tidak mencukupi untuk persiapan menyambut kedatangan calon aparatur sipil negara (CASN), dengan persyaratan yang kami tentukan yaitu peserta wajib vaksin sehingga kami harus mempersiapkan fasilitas vaksinasi,” ucap Endang.

Kodim 1429 Buton Utara telah menyiapkan kurang lebih seribu dosis vaksin untuk kegaitan layanan serbuan vaksin massal ini, sehingga bukan hanya masyarakat Kabupaten Buton Utara yang bisa mengikuti kegiatan ini, namun masyarakat diluar Kabupaten Buton Utara juga dapat mengikuti vaksinasi.

Kepada masyarakat, Endang mengajak untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi Covid-19 ini,  karena ini merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Endang juga menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk divaksinasi karena Vaksin Covid-19 ini telah dinyatakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) suci dan halal merujuk pada hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (MF/se)