Perpustakaan Nasional RI, Undang BAK Terima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka

  • Whatsapp
Perpustakaan Nasional RI, Undang BAK Terima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka

 

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID–Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengundang Tokoh Literasi Sulawesi Selatan, Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) ke Jakarta untuk menerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 sebagai Masyarakat penggerak literasi di Indonesia dari Sulawesi Selatan. Surat bernomor 43164/PPM.05/IX/2021 tertanggal 6 September 2021 tentang Pemanggilan Pengambilan Piala dan Sertifikat Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 ditandatangani Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Deni Kurniadi.

Bacaan Lainnya

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional, Dr.Adin Bondar, M.Si. menyampaikan dalam Rapat koordinasi Pelaksanaan Teknis Pemberian Penghargaan, Senin 6/9 via zoom menegaskan kalau Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka adalah penghargaan tertinggi Perpustakaan Nasional RI kepada masyarakat, tokoh masyarakat dan pejabat publik.

Menurut Adin, prosesi penyerahan penghargaan pada puncak acara Gemilang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bertepatan dengan Hari Kunjungan Perpustakaan, Rabu 14 September 2021, pukul 14.00 siang diikuti 10.000 orang peserta seluruh Indonesia dan dihadiri Menteri Dalam Negeri, Prof.Dr.H.Tito Karnavian, S.H.M.H.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, H.Moh.Hasan, S.H.M.H. pada Senin 6 September 2021 menerima Tokoh Literasi Sulsel yang juga Tokoh Perbukuan Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma di Perpustakaan Multi Media Makassar. Hasan menyampaikan ucapan selamat kepada BAK yang terpilih sebagai penerima Nugrah Jasa Dharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI dari unsur masyarakat.

Bachtiar Adnan Kusuma, lahir di Makassar, 14 Oktober 1970 adalah putra pejuang dan anak tentara Mayor S.Mansyur Awing dari Jeneponto dan Ibunya Hj. Baeduri Daeng Ngimi, berasal dari Cikoang dan Tonrong Bola, Kab. Wajo. Berkiprah di Gerakan literasi sejak 2021 dan menerima penghargaan dari berbagai pihak termasuk dari Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Tokoh Literasi dan Pendidikan. Total menggerakn gerakan litersi dan menulis dari pelosok desa, kelurahan, kampung, pegunungan, pesisir dan kab, kota di Sulsel maupun di DKI Jakarta. Menulis ratusan buku Tokoh Nasional dan Lokal dan buku-buku parenting dan minat baca di Indonesia.(**)