Pemuda Pancasila Parepare Bersinergi DLH dan Duta Lingkungan Ajak Masyarakat dalam Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga

  • Whatsapp
Pemuda Pancasila Parepare Bersinergi DLH dan Duta Lingkungan Ajak Masyarakat dalam Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga
Rapat Koordinasi Peringatan Worl Clean up Day di Kebun Raya Jompie Parepare.

PAREPARE, UPEKS.co.id — Pemuda Pancasila Parepare melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) menggelar rapat koordinasi menjelang World Clean up Day (WCD) atau Hari Sampah Sedunia dilaksanakan di Kebun Raya Jompie, Kota Parepare, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare dan Duta Lingkungan ini untuk saling bersinergi dalam memutus mata rantai penyebaran sampah rumah tangga yang kerap mencemari lingkungan.

Bacaan Lainnya

Ketua BLH Pemuda Pancasila Parepare, Amri Kalbu mengatakan, gerakan pilah sampah rumah tangga ini adalah gerakan bukan untuk menyelesaikan masalah, tetapi memindahkan masalah (sampah) ke tempat pembuang akhir (TPA), sekaligus memperingati hari sampah sedunia agar tetap berkesinambungan dengan dibarengi tindakan lanjutan untuk memilah sampah rumah tangga.

“Jadi gerakan pilah sampah rumah tangga ini, memilah sampah rumah tangga yang dapat diolah (didaur ulang) dengan baik. Kalau memang ada yang bisa dijadikan kompos atau biogas, sebagian dari sampah itu kita angkut ke tempat pembuangan akhir,” ajaknya.

Pria yang akrab disapa Puang Kalebbu ini menjelaskan, tujuan dari gerakan pilah sampah rumah tangga ini adalah mencari sumber dari hulu, yakni sampah rumah tangga.

Pemuda Pancasila Parepare Bersinergi DLH dan Duta Lingkungan Ajak Masyarakat dalam Gerakan Pilah Sampah Rumah Tangga
BLH Pemuda Pancasila saat Rakor di Kebun Raya Jompie Jelang World Clean up Day

“Masalah perilaku ini mau diubah, bagaimana kita bisa memutuskan mata rantai sampah plastik. Seperti tidak menggunakan kantongan plastik yang sekali pakai. Itu kan salah satu bentuk pengurangan sampah plastik, hal-hal seperti itu yang mau dirubah,” harapnya.

Dia berharap, gerakan pilah sampah rumah tangga ini dilakukan berkesinambungan, melihat bencana-bencana yang menghiasi setiap tahunnya.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Parepare, Jenamar Aslan, membeberkan alasan mengapa Pemuda Pancasila dijadikan mitra di Dinas Lingkungan Hidup Parepare.

“Karena BLH Pemuda Pancasila Parepare adalah salah satu organisasi yang terbesar kepedulian lingkungan untuk menjadi corong ke masyarakat dengan terus melakukan kegiatan-kegiatan dan perlindungan lingkungan hidup itu adalah BLH Pemuda Pancasila,” ucapnya.

Bersama BLH Pemuda Pancasila Parepare, pihaknya telah membicarakan terkait pelaksanaan World Clean up Day pada yang jatuh pada Sabtu 18 September 2021 mendatang.

Sementara, Duta Lingkungan Hidup Parepare, Muhammad Fajdriadi Hestira mengatakan, agar kegiatan pilah sampah rumah tangga yang di gelorakan BLH Pemuda Pancasila Parepare ini dilakukan berkesinambungan.

“Pandangan kami duta lingkungan sangat baik, karena untuk menyelesaikan masalah lingkungan hidup butuh sinergitas dari elemen masyarakat itu sendiri. Karena adanya kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup membuktikan jika tidak bekerja sendiri, tetapi menggandeng pemuda-pemuda di Kota Parepare melalui Pemuda Pancasila di Badan Lingkungan Hidupnya untuk bersama-sama mengelola sampah dan lingkungan kita untuk lebih baik lagi,” pungkasnya. (Ai)