Pemprov Provinsi Kendari Targetkan UHC Segera Tercapai

  • Whatsapp
Pemprov Provinsi Kendari Targetkan UHC Segera Tercapai

Bacaan Lainnya

 

Kendari, upeks.co.id– Demi mewujudkan Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan Cabang Kendari mengadakan forum kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk memperkuat koordinasi dan sinergi dalam meningkatkan jumlah peserta terdaftar serta peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan, Selasa (21/09).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian menyampaikan pentingnya forum komunikasi dilakukan demi membangun relasi antar lembaga baik dengan pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, serta instansi lainnya agar tercipta pemahaman yang sama terhadap Program JKN-KIS.

“Tercatat sampai dengan bulan Juli tahun 2021 capaian untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara sudah 86% masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan didukung sebanyak 401 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 27 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran serta dan dukungan pemerintah dalam menyukseskan implementasi Program JKN-KIS,” tutur Ivan.

Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang menyampaikan pentingnya peran serta seluruh instansi yang terkait diharapkan memaksimalkan fungsi masing-masing agar upaya yang dilakukan bisa memberikan hasil yang maksimal terhadap masyarakat.

“Meningkatkan kualitas layanan tentunya merupakan suatu hal terpenting yang harus kita bangun bersama, baik itu infrastruktur ataupun sumber daya manusia. Ini agar masyarakat bisa merasa nyaman dalam mendapatkan pelayanan kesehatan diseluruh wilayah Provinsi Sultra tanpa harus mendapatkan rujukan ke luar daerah yang membutuhkan biaya akomodasi yan cukup besar,” ucap Endang.

Kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya ini diharapkan memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan pelayanan kesehatan.