Pemkot Parepare Dongkrak Roda Perekonomian di Tengah Pandemi dengan Difungsikannya Pasar Wekke’e

  • Whatsapp
Pemkot Parepare Dongkrak Roda Perekonomian di Tengah Pandemi dengan Difungsikannya Pasar Wekke'e
Salah satu Pedagang yang mulai membuka Lapak di Pasar Wekke'e.

PAREPARE, UPEKS.co.id — Pemkot Parepare melalui Dinas Perdagangan terus mendorong roda perekonomian meski pandemi Covid-19 sampai saat ini belum usai. Hal tersebut dibuktikan dengan difungsikannya kembali Pasar Wekke’e, yang berada di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki.

Meski pasar yang lama mati suri itu masih lengang, namun pedagang mulai terlihat antusias menempati los yang telah ditentukan melalui pengundian beberapa waktu lalu. Seperti pada hari pertama difungsikannya pasar tersebut, terlihat sejumlah pedagang telah membuka lapak dagangannya, mulai dari pedagang sayur-sayuran, buah, pakaian, dan bahan pokok lainnya, Rabu (15/9/2021).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Perdagangan, Prasetyo Catur mengatakan, sebelum difungsikannya Pasar Wekke’e, pihaknya bersama para pedagang telah bersepakat melalui sosialisasi dan pengundian yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Jadi kami melihat disini, para pedagang sudah mulai merapikan, mendesain dan menata tempatnya, bahkan ada yang sudah mulai berjualan. Kami berharap dalam minggu ini semua pedagang yang telah terdaftar sudah bisa masuk menempati los dan lapak mereka,” kata mantan Sekretaris Satpol PP Parepare itu.

Dia pun sangat mengharapkan bagi pedagang yang masih berjualan di pinggir jalan untuk bisa ikut bergabung menjadi satu tempat di Pasar Wekke’e yang telah difungsikan itu.

“Kepada para pedagang yang ada di luar, bisa bergabung menjadi satu tempat. Jadi estetika di pinggir jalan juga sudah kelihatan rapi, dan tidak ada lagi penjual sayuran di pinggir jalan,” imbaunya.

“Kalaupun mereka belum hadir untuk bergabung dalam waktu yang telah ditentukan, kami akan berkoordinasi dengan kelurahan, setelah itu, kami akan menyurati kepada yang bersangkutan dan sekiranya tidak ada tanggapan, baru kita mencari penggantinya. Kami tetap persuasif dan inginkan mereka semua ada di dalam sini,” harap Frans.

Lebih lanjut, Frans mengatakan, untuk menarik perhatian warga yang lalu lalang, pihaknya menawarkan kerja sama dengan beberapa perusahaan otomotif untuk membuka gerai di depan Pasar Wekke’e. Dengan memasang tenda dan baliho sebagai tanda pasar tersebut telah difungsikan.

Salah seorang pedagang menuturkan, meski Pasar Wekke’e belum ramai didatangi pengunjung, namun dirinya merasa senang difungsikannya kembali pasar tersebut. Dirinya tetap optimis, jika Pasar Wekke’e ke depan tidak kalah ramai dengan Pasar Sumpang.

“Alhamdulillah bagus, pasar ini membantu sudah tidak jauh-jauh lagi menjual dan sudah dekat dari rumah. Karena sebelumnya saya menjual Bakso di BTN Timurama. Mudah-mudahan ini cepat diselesaikan, dan bisa ramai disini dan cepat ada perbaikan untuk pasar ini. Pemerintah betul-betul peduli sama masyarakat disini,” tuturnya. (Ai)