Pelaku Pembakaran Mimbar Masjid Ditangkap, PCNU Makassar Beri Apresiasi Kepolisian

  • Whatsapp
Pelaku Pembakaran Mimbar Masjid Ditangkap, PCNU Makassar Beri Apresiasi Kepolisian

MAKASSAR, Upeks.co.id–Peristiwa pembakaran Mimbar Masjid Raya Kota Makassar, dikecam Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar. Meski demikian, Ketua Tanfidziyah KH Kaswad Sartono meminta warga masyarakat Makassar khususnya warga Nahdliyin agar tidak terprovokasi dan terpancing atas peristiwa yang terjadi, Sabtu 25 September 2021.

Apalagi saat ini pihak kepolisian sudah menangkap terduga pelaku pembakaran mimbar masjid tersebut. “Percayakan kepada aparat kepolisian untuk mengusut motif pelaku melakukan pembakaran. Kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk tetap tenang dan jangan mudah terprovokasi dengan hal-hal yang dapat memperkeruh suasana dan mengganggu ketentraman, “ujar Kaswad yang juga Kabid Penais Zawa Kemenag Sulsel ini, dalam keterangan tertulisnya.

Bacaan Lainnya

Pihak PCNU Makassar mengapresiasi langkah Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar berhasil menangkap terduga pelaku pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dari informasi yang diterima, terduga pelaku, ditangkap di sekitar jalan Tinumbu atau sekitar Masjid Raya Makassar, Sabtu (25/9/2021).

Hal itu benarkan Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana dan sementara akan diinterogasi. “Kita bisa mengidentifikasi diduga pelaku termasuk juga dari tangkapan CCTV yang ada di masjid,” kata Witnu.

Sebelumnya, diberitakan mimbar Masjid Raya Makassar dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Sabtu dini hari (25/9/2021). Polisi pun langsung bergerak cepat untuk menangkap pelaku setelah melakukan olah TKP dan menemukan ciri-ciri pelaku lewat CCTV dan keterangan saksi-saksi.

Terpisah Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Makassar Kiai Muda Ashar Tamanggong angkat bicara, menurutnya kejadian terbakarnya mimbar Masjid Raya Makassar agar tidak terlalu dibesar-besarkan dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

“Saya harap seluruh umat Islam untuk tetap tenang dan jangan mudah terprovokasi, berikan kesempatan kepada aparat keamanan untuk bekerja. Kita percaya pihak kepolisian akan cepat menemukan pelaku dan mengetahui motifnya,” harapnya.

Da’i kondang yang dikenal dengan nama akronim Ustadz ATM ini juga berpesan agar kedamaian dan ketenangan di kota kita tercinta ini harus tetap terjaga. 

“Jangan mudah terpancing apalagi terhadap isu-isu liar yg sengaja dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar Anregurutta KH Baharuddin Hs, MA yang juga Rais Suriyah NU Kota Makassar mendampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel KH Khaeroni melihat langsung Mimbar pasca kebakaran. (rls)