Optimalkan Program PSR, Bupati Luwu Timur Tanam Perdana Kelapa Sawit

  • Whatsapp
Optimalkan Program PSR, Bupati Luwu Timur Tanam Perdana Kelapa Sawit

Lutim, Upeks.co.id–Bupati Luwu Timur, H. Budiman, meresmikan kegiatan penanaman perdana kelapa sawit yang berlokasi di Dusun Balambano Indah, Desa Puncak Indah Kecamatan Malili, Jum’at (24/09/2021). Kelapa sawit ini memang merupakan salah satu potensi perkebunan yang cukup besar di Kabupaten Luwu Timur.

Penanaman secara simbolis di lahan seluas 60 Ha ini merupakan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) melalui kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang dikelola Koperasi Jasa Sawerigading Tani (KJ.Sagita).

Bacaan Lainnya

“Hadirnya Program PSR melalui BPDPKS ini, merupakan program resmi Kementerian Pertanian untuk membuktikan keseriusan Pemerintah merangkul serta membantu petani kelapa sawit sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani dan kemajuan sawit Indonesia. Oleh karena itu, seluruh petani sawit di Kabupaten Luwu Timur dapat memanfaatkan kuota semaksimal mungkin yang diberikan oleh Pemerintah,’’ kata orang nomor satu di Kabupaten Luwu Timur saat memberikan sambutan dilokasi pelaksanaan penanaman Perdana Sawit.

Dalam arahannya, Bupati meminta Kadis Pertanian membantu pencapaian target PSR yang dianggap masih jauh dari harapan.

“Saya dapat info jika Luwu Timur mendapat kuota PSR seluas 1500 hektar melalui Dirjen Perkebunan, dimana dari kuota tersebut yang dapat direalisasikan baru sekitar 300 hektar yang terealisasi, coba cari tahu Pak Kadis dimana permasalahannya,” ujar Bupati.

“Jika kita sudah menemukan akar masalahnya, In Sha Allah kita bisa mengatasi masalahnya dengan cepat. Sayangnya anggaran dana hibah yang disediakan Pemerintah tidak bisa kita maksimalkan,” katanya lagi.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa, bibit yang ditanam merupakan bibit yang sudah bersertifikat, tentunya ini menjadi satu jaminan mutu bahwa buah yang dihasilkan memiliki mutu yang bagus.

Sementara Ketua KJ Sagita, Asrul J. Kasim menyampaikan bahwa, sampai saat ini telah tercatat sekitar 165 lahan petani yang terakomodir melalui KJ. Sagita, untuk tahap pertama sebanyak 60 Ha untuk siap dilakukan penanaman sementara 105 Ha sementara dalam proses verifikasi.

Untuk pengerjaan replanting, kata Asrul, telah bekerjasama dengan penyedia barang dan jasa yang telah berpengalaman dibidang ini, termasuk perusahaan benih kelapa sawit yang telah memiliki standar kualitas ISO dan perusahaan distributor pupuk resmi yang selalu siap menyediakan pupuk yang berkualitas.

Usai memberikan sambutan, Bupati Luwu Timur langsung melakukan penanaman perdana sawit yang diikuti undangan lainnya.

Turut hadir pada acara penanaman perdana tersebut, Anggota DPRD Luwu Timur diantaranya Badawi Alwi, Najamuddin dan Abduh, Perwakilan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Candra Karaeng Tiro, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Kadis Pertanian, H. Amrullah Rasyid, Camat Malili, Nur Syaifullah Rahman dan Kades Puncak Indah, Muh. Chakir. (hms)