Menjaga Kepuasan Peserta JKN-KIS di RS Melalui PIPP

  • Whatsapp
Menjaga Kepuasan Peserta JKN-KIS di RS Melalui PIPP

 

Palopo, upeks.co.id – Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di rumah sakit, khususnya terkait pemberian informasi dan penanganan pengaduan, BPJS Kesehatan Cabang Palopo kembali melaksanakan pertemuan koordinasi bersama dengan Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit secara virtual, Jumat (24/09).

Bacaan Lainnya

Kemudahan dalam mengakses informasi dan menyampaikan keluhan merupakan salah satu indikator kepuasan peserta. Dalam hal inilah peran PIPP RS diperlukan, sambil terus bersinergi dan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk peningkatan pelayanan kepada peserta.

“Peningkatan layanan peserta JKN-KIS secara kontinu kami lakukan, salah satunya dalam hal pemberian informasi dan penanganan pengaduan di rumah sakit. Data yang kami dapatkan melalui Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) sangatlah penting karena menjadi bahan kami dalam melakukan evaluasi. Untuk itu pencatatan informasi dan penanganan pengaduan pada Aplikasi SIPP oleh setiap PIPP RS perlu dilakukan secara optimal,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Kiki Lestari.

Selain untuk pencatatan penyampaian informasi dan penanganan pengaduan, Aplikasi SIPP juga dapat digunakan oleh PIPP RS untuk memproses denda pelayanan peserta dan juga pendaftaran bayi baru lahir dari ibu dengan segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

PIPP RS di RS Sawerigading, Palopo Juwita menyampaikan bahwa Aplikasi SIPP cukup membantu dirinya dalam melayani kebutuhan peserta secara cepat dan mudah, apalagi juga mengakomodir beberapa pelayanan administratif seperti pendaftaran bayi baru lahir.

“Aplikasi SIPP sangat membantu kami dan juga peserta karena dapat meminimalisir keluhan. Kalaupun ada keluhan dari peserta dapat tersampaikan dengan mudah. Selain itu peserta juga tidak perlu kembali ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan seperti pendaftaran bayi baru lahir karena sudah diakomodir pada Aplikasi SIPP,” ungkap Juwita. (nf/va)