Masuk Zona Kuning Covid-19, Iriani: Makassar Fokus Capaian Vaksinasi

  • Whatsapp
Masuk Zona Kuning Covid-19, Iriani: Makassar Fokus Capaian Vaksinasi

Makassar, Upeks – Ketua Makassar Recover Khadijah Iriani mengatakan status Kota Makassar sudah berubah dari zona merah Covid-19 menjadi zona kuning. Hal ini merujuk pada pengumuman tim satgas Covid-19 Provinsi Sulsel. Saat ini, hanya tersisa dua daerah di Sulsel yang menyandang status zona orange yakni Luwu Timur dan Tana Toraja.

Iriani mengatakan saat ini program Makassar Recover tengah fokus terhadap capaian vaksinasi kota.

Bacaan Lainnya

 

“Jadi hanya karena kuning kita tidak boleh lengah, Makassar Recover belum boleh berhenti sampai di sini. Karena bukan cuma Covid-19 saja yang dia mau urusi,” kata Iriani, Selasa, 21 September 2021.

Menurut Iriani, penurunan zona Covid-19 merupakan hasil dari kerja-kerja seluruh pihak termasuk masyarakat. Iriani mengatakan pemerintah dan masyarakat berharap pandemi ini segera berakhir.

“Jadi kita bisa liat sendiri upaya-upaya yang dilakukan semua pihak,” terangnya Iriani memastikan Pemerintah Kota Makassar terus akan berjuang melawan pandemi ini dan tidak membiarkan masyarakat terus terdampak covid-19. “Meski begitu Makassar Recover tidak akan puas dan berhenti sampai di sini, karena kita akan merecover seluruh permasalahan di Kota Makassar,” ujarnya

ia pun meminta masyarakat untuk tidak melakukan euforia meskipun makassar telah terbebas dari zona merah dan oranye.  “Pergerakan kita bisa bebas, tetapi protokol kesehatan tidak bisa kita tinggalkan,” tuturnya. Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengingatkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan seiring tren kasus Covid-19 yang juga menurun.

“Ingat, protokol kesehatan dan pembatasan itu berbeda. Protokol itu memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, itu tak bisa ditawar,” kata Danny Pomanto.

Sementara pembatasan kegiatan masyarakat, kata dia, merujuk pada zona Covid-19 sebuah kota dan bisa berubah-ubah. Hal itu bergantung tingkat penularan Covid-19. Saat ini, Bed Ocupancy Rate (BOR) untuk skala kota sudah berada pada angka 8,6 persen, BOR ICU 13 persen, dan BOR di KM Umsini hanya 2,5 persen. “BOR kita sudah sangat rendah,” kata Danny.

Di sisi lain, PPKM Level 4 di Kota Makassar berakhir pada hari ini, Senin, 20 September 2021. Danny menyebut Makassar sudah bisa masuk zona kuning atau PPKM Level 2.  Namun, keputusan resmi tetap berasal dari pemerintah pusat.  “Kalau pemerintah pusat tetapkan kita tetap level 4 maka ada sesuatu yang mesti dijaga, seperti itu,” tuturnya. (*)