Isdiar Syukuri Kehadiran Program JKN-KIS di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Isdiar Syukuri Kehadiran Program JKN-KIS di Tengah Pandemi

 

Bacaan Lainnya

Palopo, upeks.co.id30– Tidak dipungkiri telah banyak masyarakat Indonesia yang sudah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. Sudarman Mansyur Isdiar (48), salah seorang peserta Program JKN-KIS, menceritakan pengalamannya sebagai peserta JKN-KIS saat ditemui Jamkesnews pada Kamis (30/09). Kala itu, ia bermaksud untuk mencetak kartu JKN-KIS sang istri di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo.

“Bisa terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS bagi saya sangat menguntungkan. Di daerah tempat saya tinggal sudah hampir semua masyarakatnya punya kartu JKN-KIS. Kartu ini memiliki banyak sekali manfaat. Saat saya jatuh sakit, saya tinggal menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk berobat tanpa perlu khawatir akan biayanya karena sudah ditanggung BPJS Kesehatan. Bahkan dalam waktu dekat, istri saya yang akan melahirkan akan menggunakan kartu JKN-KIS nya untuk menjamin persalinannya,” ujar Isdiar.

Menurut Isdiar, menjadi peserta Program JKN-KIS memberikan dampak positif dan membantu perekonomian keluarganya. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang dimana mobilitas untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari menjadi terbatas, sehingga berpengaruh kepada penurunan pendapatan bagi tidak sedikit masyarakat, bahkan sampai ada yang harus kehilangan pekerjaan. Untuk itu bagi Isdiar yang berprofesi sebagai seorang petani, ia sangat bersyukur karena dirinya dan keluarga memiliki kartu JKN-KIS. Isdiar tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya pengobatan dan pelayanan kesehatan bahkan yang berbiaya mahal sekalipun.

“Kami beruntung karena pemerintah membantu kami dengan mendaftarkan kami sekeluarga menjadi peserta Pekerja Bukan Penerimba Upah (PBPU) Pemda sehingga kami tidak perlu lagi membayar iuran,” terang Isdiar.

Tak lupa Isdiar menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah karena telah mendaftarkan dirinya beserta keluarga menjadi peserta Program JKN-KIS. Menurut Isdiar, program pemerintah seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terlebih lagi masyarakat kecil yang kurang mampu secara ekonomi, selama pelaksanaannya tepat sasaran.

“Program ini memiliki tujuan yang sangat mulia. Untuk itu harapan saya pribadi pemerintah dapat memastikan program ini dapat terus hadir karena banyak masyarakat di luar sana, seperti kami ini, yang sangat membutuhkan manfaat dari Program JKN-KIS ini,” ujarnya. (nf/va)