HUT Agraria Ke-61, BPN Enrekang Luncurkan Layanan Elektronik Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Whatsapp
HUT Agraria Ke-61, BPN Enrekang Luncurkan Layanan Elektronik Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

ENREKANG, UPEKS.co.id — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Enrekang menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Agraria dan Tata Ruang tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Enrekang.

Hadir Bupati Enrekang Muslimin Bando sekaligus membacakan sambutan seragam Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil

Bacaan Lainnya

Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Enrekang, Asman, jajaran Forkopimda Tingkat Kabupaten Enrekang serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Enrekang, H. Baba.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke 61 bertema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”

Hal tersebut dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

Bupati Enrekang dalam amanatnya menyampaikan dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan dalam rangka kegiatan berusaha

“Hanya ada tiga persyaratan yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR) yang bersama-sama Pemerintah Daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya,” kata Bupati.

Muslimin Bando juga mengatakan telah diluncurkan 2 Aplikasi sebagai semangat percepatan pemulihan ekonomi Nasional.

“Hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online”. pungkasnya.

Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Bia7der, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

Pelayanan pertanahan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan.

Selain itu Bupati Enrekang didampingi Kepala BPN/ATR Kabupaten Enrekang juga menyerahkan Sertifikat PTSL kepada 8 desa dan 1 UMKM. (Sry)