Dengan JKN-KIS, Persalinan di Bidan Desa Tak Berbiaya

  • Whatsapp
Dengan JKN-KIS, Persalinan di Bidan Desa Tak Berbiaya

 

Buton Utara, upeks.co.id – Kelahiran buah hati merupakan anugerah terindah bagi orang tua dalam keluarga dan kehadirannya selalu dinanti. Seperti yang dirasakan Marlisa (31) dan suami yang belum lama ini dikaruniai anak ketiga.

Bacaan Lainnya

Warga Desa Mata, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara ini terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 silam. Awalnya ia adalah peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Pemerintah Pusat (PBI APBN) dan saat ini telah beralih ke segmen Aparat Desa.

“Kebetulan suami saya saat ini adalah anggota perangkat desa, jadi kami sekeluarga dialihkan ke tanggungan aparat desa,” ungkapnya saat ditemui Jamkesnews, Kamis (24/09).

Ia menceritakan pengalaman yang dirasakannya dari Program JKN-KIS saat melakukan persalinan di bulan April lalu. Ia selalu rutin memeriksakan kandungannya, namun kondisi jarak rumah dan puskesmas yang cukup jauh sehingga ia hanya ke bidan pembantu puskesmas yang ada di desa.

“Kebetulan di sini ada bidan desa, jadi saya selalu rutin memeriksakan kandungan ke tempatnya, karena kalau mau ke Puskesmas itu cukup jauh dan jalanan juga tidak bagus. Alhamdulillah persalinan saya saat itu berjalan dengan normal. Untuk biayapun alhamdulillah tidak ada, karena bidan desa ini melayani pasien JKN-KIS selama kartunya aktif,” ucapnya.

Bidan di Puskesmas Pembantu Desa Mata merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kambowa, yang ditempatkan untuk membantu persalinan ibu-ibu yang ada di desa itu. Marlisa juga menyampaikan bahwa sering berbagi informasi ke warga desa lainnya untuk memastikan kartu JKN-KIS aktif, khususnya ibu hamil yang akan menjalani persalinan.

“Saya sering mengingatkan ke warga lainnya untuk memastikan jaminan kesehatan mereka, agar saat sakit ataupun persalinan nanti tidak bingung dengan biaya. Kami sangat bersyukur dengan adanya JKN-KIS ini. Semoga Program JKN-KIS dapat berkesinambungan dan terus berjalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya. (MF)