Dapat Bantuan Modal, Pengusaha Mebel Bantaeng Suplai ke Luar Daerah

  • Whatsapp
Dapat Bantuan Modal, Pengusaha Mebel Bantaeng Suplai ke Luar Daerah

BANTAENG, UPEKS.co.id — Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin terus memantau perkembangan usaha masyarakatnya. Kali ini, satu – satunya Bupati di Sulsel yang mampu meloloskan lima inovasi pelayanan publiknya sekaligus di tingkat provinsi itu melihat perkembangan program bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW di Dusun Kariango, Desa Bonto Karaeng, Kecamatan Sinoa, Rabu (22/9/2021).

Di sana, Ilham Syah Azikin menemui pemilik usaha Mebel “Karya Bokal” bernama Rabbani (51). Rabbani bercerita, dulu usahanya sangat sulit memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, dirinya tidak mampu meraih omzet yang ditargetkan. Tahun 2020, setelah melewati beberapa tahapan, dirinya menerima bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW yang digagas Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

Rabbani menerima bantuan sebesar Rp32 juta. Berkat bantuan itu usahanya berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar.

Dia juga awalnya hanya memiliki satu orang pekerja, kini telah merekrut satu orang lagi untuk bekerja di usahanya. Kata dia, selain omzet yang bertambah, pihaknya juga mampu menyerap tenaga kerja di dusunnya sendiri.

“Setelah saya mendapat bantuan modal usaha, akhirnya saya mampu meningkatkan produksi, menambah dan menyerap tenaga kerja. Saya juga telah menyuplai pesanan keluar daerah seperti Makassar dan Bulukumba,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama jajaran berharap kepada pelaku usaha agar terus melakukan komunikasi kepada dinas terkait apabila menemui kendala.

“Kalau ada kendal kita temui Pak, segera ki komunikasi apa yang bisa kami bantu,” kata Ketua IKAPTK Sulsel itu.

Dia juga menyampaikan kepada Rabbani untuk menyerap tenaga kerja di dusun. Utamanya para pemuda dengan usia produktif untuk dilatih menjadi pengusaha milenial.

“Nanti kita latih juga anak-anak muda milenial di dusun,” harapnya. (Irwan Patra)

Pos terkait