BPJS Kesehatan Baubau Pastikan FKTP Terpencil Berkomitmen Layani Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Baubau Pastikan FKTP Terpencil Berkomitmen Layani Peserta JKN-KIS

Bacaan Lainnya

 

Baubau, upeks.co.id– BPJS Kesehatan Cabang Baubau melakukan kegiatan mentoring dan evaluasi pelaksanaan pembayaran kapitasi di FKTP terpencil bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan, Kamis (09/09).

“Pandemi saat ini belum selesai, namun kita tetap upayakan langkah monitoring dan evaluasi untuk memastikan peserta JKN-KIS mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan khususnya di daerah terpencil. Tujuan pemerintah membedakan tarif kapitasi khusus daerah terpencil tak lain untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta  di FKTP kawasan tersebut,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Andri Nurcahyanto.

Pada paparannya, Andri juga berharap melalui kegiatan ini pemerintah daerah lebih selektif dalam melakukan pengajuan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang masuk dalam kategori daerah terpencil, sehingga BPJS Kesehatan dalam proses konfirmasi dan verifikasi untuk penilaian FKTP kawasan terpencil tidak mengalami kendala.

“Saya juga berharap dukungan dan komitmen FKTP dan Dinas Kesehatan untuk peningkatan layanan di kawasan terpencil dan dapat tercapainya indikator komitmen FKTP kawasan terpencil di akhir tahun 2021,” pungkas Andri.

Andri juga mengingatkan kembali kepada FKTP daerah terpencil dan Dinas Kesehatan terkait Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan berakhir di tahun depan dan diharapkan para pihak terkait dapat mempersiapkan dokumen-dokumen prasyaratnya.

“Semua PKS dari 11 FKTP Kapitasi Khusus akan berakhir di tahun 2022, untuk Buton Selatan ada 4 FKTP yang akan berakhir di bulan Februari, 6 FKTP Buton berakhir di bulan Maret dan 1 FKTP Buton Tengah berakhir di Juni,” ucap Andri.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, La Ode Budiman mendukung terlaksanakannya kegiatan ini dan akan memotivasi seluruh FKTP untuk berusaha lebih keras lagi.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa mengetahui di sisi mana yang harus kami perbaiki agar bisa menjadi lebih baik ke depannya. Untuk PKS yang akan segera berakhir, akan kami pantau progres kelengkapan adminitrasi yang harus dipenuhi, jadi teman-teman di FKTP harus lebih berusaha lebih keras, seperti pada point rate kunjungan,” ucapnya.