BPJS Kesehatan Ambon dan Pemda Seram Bagian Timur Dorong Optimalisasi Program JKN-KIS

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Ambon dan Pemda Seram Bagian Timur Dorong Optimalisasi Program JKN-KIS

Bacaan Lainnya

 

Bula, upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar Forum Kemitraan dan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tingkat Kabupaten Seram Bagian Timur, Selasa (21/09). Kegiatan tersebut rutin diadakan guna mendorong suksesnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan dukungan segenap pemangku kepentingan di Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menyamakan persepsi untuk menyusun strategi, komunikasi, dan kerja sama dalam rangka memberikan kemudahan fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Jadi, jika ada kendala yang kita hadapi dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, misalnya perihal kepesertaan, data, dan bantuan iuran dan lain sebagainya dapat kita temukan solusinya. Hal ini penting karena pelayanan kesehatan ini berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat,” ujar Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur, Idris Rumalutur.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan menyampaikan perlunya kolaborasi dari segenap pemangku kepentingan di Kabupaten Seram Bagian Timur dalam memaksimalkan program JKN-KIS. Menurutnya, jika lebih banyak masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS maka akan meningkatkan cakupan Universal Health Coverage (UHC) sekaligus membuat lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Hal ini tentu sangat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu untuk menerima akses pelayanan kesehatan. Mengenai pelayanan kesehatan, kami juga meminta dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur untuk mengingatkan fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan agar melengkapi sarana dan prasarananya pada kegiatan recredentialing,” ujar Mondang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seram Bagian Timur, Muh. S. Rumain menyampaikan rencananya untuk menambah anggaran bagi kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Kami mengusulkan pada tahun 2022, ada penambahan anggaran bagi penambahan jumlah masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur yang menjadi peserta JKN-KIS. Untuk hal tersebut kami sudah membicarakannya dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Dinas Kesehatan,” ungkap Rumain. (yr)