Bacalon Kades Akan Ikuti Uji kompetensi, Tertulis dan Wawancara

  • Whatsapp
Bacalon Kades Akan Ikuti Uji kompetensi, Tertulis dan Wawancara

PANGKEP, UPEKS.co.id — Usai ditetapkan sebagai bakal calon(Bacalon) kepala desa(kades), tahapan selanjutnya mereka akan mengikuti uji kompetensi.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa(DPMD) Pangkep, Abd Haris Has mengatakan,  uji kompetensi untuk Bacalon Kades ada dua tahap, tertulis dan wawancara. Tes tertulis direncanakan dilaksanakan 2 Oktober 2021. Sementara tes wawancara dijadwalkan 4-7 Oktober.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, ujian tertulis meliputi pemahaman terhadap undang-undang desa, pemahaman terhadap penyelenggaran desa, pemahaman terhadap pengelolaan keuangan desa dan juga terkait aturan-aturan yang ada di desa.

“Sehingga memang harus lengkap, dan juga terkait keperibadian, terkait pengetahuan dalam menggalang partnership dalam membangun desanya,”katanya.

Sementara saat tes wawancara, Bacalon Kades akan berhadapan dengan tim penguji. Terdiri dari akademisi, ahli hukum dan pemerintah daerah.

“Sehingga nanti, hasil wawancara ini menunjukkan kapasitas dan kualitas bakal calon,”jelasnya.

Diketahui, sebanyak 108 orang telah memenuhi syarat sebagai bakal calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa(Pilkades) serantak 27 desa se kabupaten Pangkep.

Rapat persiapan pelaksanaan uji kompetensi bakal calon kepala desa berlangsung di ruang rapat wakil bupati Pangkep, Selasa(28/9/21).

Rapat dipimpin wakil bupati Pangkep Syahban Sammana, didampingi asisten I Pemkab Pangkep dr Herlina juga Kepala DPMD Abd Haris Has.

(Sah)