Dampak PPKM Omzet Indomaret Di Enrekang menurun Drastis Sampai Karyawan Teramcam Dikurangi

  • Whatsapp
Dampak PPKM Omzet Indomaret Di Enrekang menurun Drastis Sampai Karyawan Teramcam Dikurangi

ENREKANG, UPEKS.co.id — Salah satu pusat perbelanjaan yang merasakan dampak adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Enrekang adalah Indomaret.

Harya Rezki Nugraha penanggungjawab Indomaret yang ada di Enrekang mengatakan sudah lebih dari sebulan Indomaret mengikuti aturan yang diberlakukan Tim Satgas penanganan Covid-19 Enrekang yaitu buka jam 7.00 pagi dan tutup pukul 20.00 WITA.

Bacaan Lainnya

Padahal sebelumnya Toko Waralaba ini buka 24 jam. Hal ini menyebabkan omzetnya menurun Rp 6 sampai Rp 8 juta perhari. Menurutnya Dampak yang paling besar adalah jika PPKM ini diperpanjang akan ada pengurangan Karyawan.

” Kalau PPKM agak lebih lama lagi para Karyawan akan dikurangi dengan cara di pindahkan atau mereka yang kontraknya habis terancam tidak diperpanjang lagi”. Kata Harya.

Dia mengatakan sangat terasa dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi di Indomaret. Selain berimbas ke pihak Indomaret juga berdampak pada masyarakat disekitarnya yang masih mau berbelanja tapi Toko sudah di tutup.

” Biasa ada barang yang sangat urgen kami butuhkan dan tidak ada di toko lain. Tapi saat kami baru mau ke Indomaret ternyata tokonya sudah tertutup, terpaksa menunggu sampai besok pagi”. Kata Rina salah seorang warga disekitar Indomaret.

Harya mengatakan sampai saat ini belum ada penyampaian dari Satgas Covid-19 kapan PPKM ini akan berakhir. Pihak Indomaret juga tak mau ambil resiko membuka Indomaret seperti biasanya sebelum ada surat resmi dari Tim Satgas penanganan Covid-19 Enrekang.

” Yang dipertanyakan juga kenapa kegiatan kami masih dibatasi, sementara sekarang sekolah sudah dibuka, pesta pernikahan sudah di bolehkan, bahkan pasar tidak pernah ditutup. Padahal kalau kita mau bicara justru pasar itu adalah tempat yang sangat potensi sebagai penyebaran Covid-19″. Tandas Harya.

Dia berharap, Tim Satgas penanganan Covid-19 Enrekang segera mengeluarkan surat edaran yang baru yang mengijinkan Indomaret beroperasi seperti biasanya.

Sementara itu Ketua satgas Covid-19 Enrekang, Asman, SE mengatakan Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyatakat akan berakhir hari ini, Senin (20/92021). Namun selanjutkan Satgas akan menunggu

” Jadi setelah itu akan diperbaharui lagi sesuai dengan levelnya. Jadi kita masih berpedoman pada surat Permendagri, masih belum berubah Instruksi Presiden dan Instruksi Permendagri “. Kata Asman.

Setelah PPKM berakhir pada tanggal 20 September 2021, akan muncul Instruksi dari Mendagri untuk selanjutnya dipedomani oleh Satgas Covid-19.

Perlu diketahui Enrekang saat ini sudah barada pada level 3 Covid-19. Namun sejauh mana pertambahan kasus baru penderita Covid-19 Upeks belum mendapat penjelasan dari Dinkes Enrekang, karena saat dihubungi Kades Kesehatan Enrekang tidak mengangkat telponnya. (Sry)