200 Tahanan Jaksa Kejari Makassar Ikut Vaksinasi

  • Whatsapp
200 Tahanan Jaksa Kejari Makassar Ikut Vaksinasi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, melaksanakan vaksin massal terhadap ratusan tahanan dari berbagai kasus pidana umum yang digelar di Rutan Polda Sulsel, Selasa (14/9/21).

Hal itu dilakukan, dalam rangka upaya penanganan Covid-19 serta mendukung program pemerintah untuk mendorong percepatan vaksinasi nasional. Vaksinasi terhadap tahanan dilakukan bagi yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi itu dilaksanakan kerja sama antara Kejari Makassar dengan Politeknik Kesehatan Makassar, KKP Kelas I Makassar, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makassar dan Dittahti Polda Sulsel.

“Tahanan juga merupakan masyarakat yang berhak mendapatkan vaksin sedangkan mereka terbatas untuk mendapatkan hal tersebut, jadi kami fasilitasi untuk vaksinasi, ” jelas Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Makassar, Andi Hairil Akhmad saat dikonfirmasi, Selasa (14/9/2021).

Adapun vaksinasi Covid-19 ini terang Kasi Pidum Kejari Makassar, dilakukan terhadap tahanan jaksa yang dititipkan di Rutan Polda Sulsel dengan jumlah sekitar 200 orang.

Menurut Hairil, dalam implementasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan, terdapat kendala administratif terkait pemenuhan data kependudukan.

Untuk itu, dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 dengan target masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan tujuan pembentukan kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dapat tercapai, maka vaksinasi tahanan dilakukan bersama dengan Dinas Dukcapil Makassar.

“Beberapa tahanan tidak mengetahui NIK-nya bahkan ada yang belum memiliki NIK, maka kami bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Kota Makassar untuk melakukan pelayanan dan pemenuhan terhadap kebutuhan NIK, salah satunya dengan metode Biometri atau sidik Jari, ” ucap Hairil.

Hairil mengaku, beberapa orang dari Tim Dokter, Tenaga Kesehatan, petugas administrasi dan pengamanan dari pihak-pihak terkait, bekerja sama dengan baik untuk terselenggaranya vaksinasi terhadap tahanan tersebut.

“Terima kasih untuk Poltekkes Makassar, KKP Makassar, Disdukcapil dan Dittahti Polda Sulsel atas terselenggaranya kegiatan ini, ” tutup Hairil. (Jay)