Tingkatkan Profesionalisme Bidan, BPJS Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya Adakan Mentoring

  • Whatsapp
Tingkatkan Profesionalisme Bidan, BPJS Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya Adakan Mentoring

Bacaan Lainnya

 

Tiakur, upeks.co.id – BPJS Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya mengadakan mentoring untuk profesi bidan, pada Jumat (20/08). Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Maluku, Mieke Papilaya.

Dalam kegiatan tersebut, Mieke menyampaikan mengenai pentingnya mengutamakan keselamatan pasien, meningkatkan profesionalisme, dan menghindari kesalahan dalam melakukan pelayanan kebidanan kepada masyarakat yang membutuhkan karena ada risiko juga secara hukum.

“Dengan diadakannya acara ini, IBI mengingatkan kembali kepada para bidan mengenai keselamatan pasien, terus meningkatkan profesionalisme, dan meminimalisasi penyalahgunaan wewenang. Peningkatan profesionalisme bidan sangat perlu dilakukan. Setiap bidan harus mengikuti perkembangan di bidang kebidanan dari berbagai sumber, baik offline maupun online seperti kegiatan yang kita ikuti saat ini. Saya berharap semua bidan di Kabupaten Maluku Barat Daya selalu berhati-hati ketika melakukan pelayanan kebidanan,” papar Mieke.

Ia juga menambahkan, semua bidan harus melengkapi bukti kompetensi secara hukum, sebelum melakukan tindakan kebidanan dan tidak melakukan tindakan curang yang berpotensi menghambat keberlangsungan program JKN-KIS.

“Saya mengingatkan juga untuk para bidan pentingnya STRB dan SIPB sebagai legalitas atas kompetensi profesi bidan. Selain unsur legalitas, para bidan juga harus menjunjung nilai integritas, jangan sampai terjadi bidan melakukan tindakan curang (fraud), misalnya menarik iur biaya pada peserta JKN-KIS atau klaim dobel. Hal tersebut berdampak buruk untuk pasien, diri sendiri, citra profesi, dan organisasi IBI,” imbuh Mieke.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu reward kepada Kabupaten Maluku Barat Daya karena berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC). Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya dan para bidan sekalian yang berkontribusi dalam menyukseskan Program JKN-KIS.

“Meskipun dilaksanakan secara daring, kami berharap seluruh bidan peserta mentoring tetap dapat mengambil manfaat dan mengikuti kegiatan ini dengan baik, demi peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, khususnya kepada peserta JKN-KIS,” ujarnya.

(yr)