Program JKN-KIS Sangat Berarti bagi Siti Sekeluarga

  • Whatsapp
Program JKN-KIS Sangat Berarti bagi Siti Sekeluarga

 

Palopo, upeks.co.id – Kehadiran Program JKN-KIS, selain memberi manfaat dalam pelayanan kesehatan, juga terbukti xmeningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang telah terdaftar di dalamnya. Seperti halnya yang dirasakan oleh Siti Maryam (38). Warga Kota Palopo ini, yang kesehariannya adalah seorang ibu rumah tangga, mengatakan bahwa adanya Program JKN-KIS sangat membantu kehidupannya sekeluarga.

Bacaan Lainnya

Siti mengaku telah terdaftar Program JKN-KIS sejak 3 tahun yang lalu bersama seluruh anggota keluarganya. Siti sekeluarga terdaftar sebagai Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PD Pemda). Siti mengungkapkan bahwa ia sekeluarga sangat bersyukur bisa mendapatkan jaminan kesehatan secara gratis. Siti juga menceritakan pengalamannya dalam pemanfaatan Program JKN-KIS yang sudah ia dan keluarga rasakan.

“Waktu itu saya menderita sakit maag. Jadi saya memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Saya diperiksa dan diresepkan obat oleh dokter. Obatnya cocok untuk saya karena tidak lama setelah itu maag saya membaik. Suami saya juga pernah menderita nyeri di tulang belakang sampai harus dirujuk ke RS St. Madyang. Kita tahu kan, biaya kalau dirawat di rumah sakit pasti mahal, tapi kami waktu itu sama sekali tidak membayar karena sudah ditanggung oleh Program JKN-KIS,” jelas Siti, Senin (30/08).

Karena Program JKN-KIS ini menurut Siti sangat penting, saat status kepesertaan anaknya sebagai Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah tidak aktif, ia langsung berinisiatif untuk melakukan peralihan status kepesertaan anaknya menjadi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

“Daripada anak saya tidak memiliki jaminan kesehatan, tidak mengapa jika kami harus membayar iuran secara mandiri setiap bulan sebesar Rp 35.000,- dibandingkan saat berobat harus mengeluarkan biaya yang ratusan hingga jutaan rupiah karena tidak ada yang menjamin,” jelas Siti.

Siti berharap pelayanan kesehatan bagi peserta Program JKN-KIS akan tetap berlangsung dengan kualitas yang terjaga tanpa dibedakan dengan pelayanan bagi peserta asuransi swasta lainnya atau pasien umum. (nf/va)