Pilkades Serentak Siap Digelar, Awal Agustus Mulai Tahapan

  • Whatsapp
Pilkades Serentak Siap Digelar, Awal Agustus Mulai Tahapan
Pilkades Serentak Siap Digelar, Awal Agustus Mulai Tahapan
PANGKEP,UPEKS,co.id — Pemilihan Kepala desa(Pilkades) serentak Pangkep siap digelar.
Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa(DPMD) Pangkep, Abd Haris Has menyampaikan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda dan Satgas Covid-19 terkait pelaksanaan Pilkades ditengah Pandemi Covid-19.
Saat rapat katanya, ia menyampaikan kondisi terkini jelang pelaksanaan Pilkades serentak.
Meskipun saat ini, Pangkep berada pada level 3 kasus Covid-19. Akan tetapi katanya, Pilkades akan tetap dilaksanakan dengan penerapan protokoler kesehatan penanganan Covid-19.
“Level 3 boleh gelar Pilkades selama ada rekomendasi dari Satgas. Hasil rapat tadi, Alhamdulillah Satgas menyampaikan kita bisa laksanakan Pilkades,”ujarnya.
Akan tetapi, jika kondisi Covid-19 naik pada level 4 maka semua pentahapan dihentikan.
Lanjutnya, Pilkades dijadwalkan 20 Oktober. Tahapan akan dimulai awal 7 Agustus, dengan pembentukan panitia Pilkades.
Juru bicara Satgas Covid-19 Pangkep, dr Annas Ahmad menyampaikan, saat ini Pangkep masuk daerah level 3 kasus Covid-19. Daerah dengan level 3 masih memungkinkan pelaksanaan Pilkades.
“Berdasarkan edaran Kemendagri, hanya mensyaratkan penundaan Pilkades pada daerah level 4,”katanya.
Ia lanjut menjelaskan, kriteria level 4 suatu daerah, pertama angka kasus konfirmasi positif Covid-19 diatas 150 per 100 ribu penduduk. Sementara Pangkep memiliki 300 ribu penduduk. Sehingga, bisa masuk level 4 jika ada 450 kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam 7 hari.
Kedua, angka kasus rawat inap mencapai 30 kasus per satu minggu. Untuk masuk level 4, jika ada 90 pasien dirawat dalam tujuh hari. Ketiga, angka kematian kasus Covid-19. Standarnya, lima kasus kematian per 100 ribu penduduk dalam seminggu. Untuk Pangkep, standarnya lebih dari 15 kasus.
“Itu semua kriteranya. Inysaallah kita masih jauh. Rata-rata kasus kita, perminggu 30-40 kasus. Sehingga kita masih memungkinkan digelar Pilkades karena level 3,”katanya.
Pilkades serentak akan digelar 27 desa se Kabupaten Pangkep.(sah)