Kejari Baubau Bantu BPJS Kesehatan Tegakkan Kepatuhan Badan Usaha

  • Whatsapp
Kejari Baubau Bantu BPJS Kesehatan Tegakkan Kepatuhan Badan Usaha

 

Bacaan Lainnya

Baubau, upeks.co.id – Sebagai upaya menegakkan kepatuhan badan usaha terkait kewajibannya dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Baubau menyerahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejaksaan Negeri Baubau, Rabu (18/08).

SKK tersebut menjadi dasar bagi Kejaksaan Negeri Baubau untuk memanggil sejumlah badan usaha yang tidak patuh dalam pembayaran iuran JKN-KIS. Badan usaha tersebut dipanggil untuk diberikan arahan serta dimintai keterangan terkait ketidak patuhannya.

“SKK dan pemanggilan kepada badan usaha tidak patuh adalah upaya nyata kita bersama untuk melindungi hak-hak karyawan badan usaha. Perlindungan kesehatan bagi pekerja merupakan hak dasar yang harus dipenuhi oleh setiap pemberi kerja yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Tidak ada toleransi bagi pemberi kerja yang melanggarnya,” ujar Kasi Datun Kejaksaan Negeri Baubau Purwanta.

Ia menjelaskan, penegakan kepatuhan badan usaha melalui SKK merupakan salah satu upaya non litigasi sebagai tindak lanjut kerja sama antara Kejaksaan Negeri Baubau dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Baubau. Selain itu upaya litigasi melalui pengadilan juga bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Melalui pemanggilan badan usaha tidak patuh, diharapkan upaya penegakan kepatuhan badan usaha di wilayah Kota Baubau tidak sampai pada tahap litigasi.

Terdapat 34 badan usaha tidak patuh yang masuk ke dalam SKK yang diajukan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Baubau. Jumlah tersebut didominasi oleh badan usaha yang tidak patuh dalam hal pembayaran iuran. Melalui proses pemanggilan tersebut, tercatat 21 badan usaha yang memenuhi panggilan dan berkomitmen melakukan pembayaran iuran sebelum akhir bulan Agustus 2021. Komitmen tersebut dituangkan dalam Berita Acara Negosiasi yang ditandatangani diatas materai dan disaksikan langsung oleh Kasi Datun Kejaksaan Negeri Baubau.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Andri Nurcahyanto menegaskan Program JKN-KIS tidak akan mampu berjalan apabila tidak didukung oleh dinas dan stakeholder terkait. Ia mengapresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh Kejaksaan Negeri Baubau. Menurutnya, kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Baubau selama ini menunjukkan hasil yang positif. Selain itu, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Baubau juga turut menggandeng Dinas Ketenagakerjaan dan DPMPTSP untuk memaksimalkan kepatuhan badan usaha.

“BPJS Kesehatan juga akan terus mengupayakan langkah-langkah optimal dan efektif dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha. Kami berharap dengan adanya sinergitas yang kuat antara BPJS Kesehatan dengan Kejaksaan, DPMPTSP serta Disnaker, tingkat kepatuhan badan usaha di wilayah Kota Baubau menjadi lebih optimal. Dengan demikian, maka akan berdampak pada peningkatan cakupan kepesertaan, kolektabilitas iuran dan kepatuhan pemberi kerja dari segala aspek. Tentunya hak jaminan kesehatan karyawan juga bisa diterima dengan baik oleh rekan-rekan buruh dan karyawan,” ucap Andri. (mf/ma)