Harlin: Program JKN-KIS Selalu Memberikan yang Terbaik

  • Whatsapp
Harlin: Program JKN-KIS Selalu Memberikan yang Terbaik

 

Kendari, upeks.co.id– Bekerja sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuat Harlin Hasan (42) secara otomatis terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) beserta anggota keluarganya.

Bacaan Lainnya

Ayah dua orang anak yang tinggal di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel ini sedang melaksanakan pengurusan administrasi dan mencetak kartu JKN-KIS untuk mengganti kartu lama yang telah rusak, cukup dengan membawa kartu lama beserta identitas diri untuk dilakukan validasi data dan cetak kartu JKN-KIS yang baru.

“Proses administrasi cetak kartu sangat mudah. Rasanya tidak perlu menunggu lama, cukup mengikuti prosedur untuk masuk dengan antre dan jaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan. Setelah itu saya menunggu antrean dipanggil dan hanya menunjukkan kartu lama beserta KTP asli maka kartu baru akan dicetakkan,” ujarnya.

Harlin juga menceritakan tentang pengalamannya saat menggunakan kartu JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar untuk keperluan pelayanan cabut gigi pada bulan Juli. Ia mengakui tidak menemukan kendala dalam mengakses layanan kesehatan.

“Sebelumnya saya juga sudah pernah merasakan manfaat menggunakan kartu JKN-KIS untuk keperluan pelayanan cabut gigi pada klinik tempat saya terdaftar. Semua berjalan lancar tidak ada dikenakan biaya sedikitpun dan petugas di klinik juga ramah dalam memberikan layanan,” tuturnya.

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pelayanan administrasi pada kantor Cabang Kendari tetap diberikan, namun tetap mengikuti protokol kesehatan dan instruksi dari pemerintah setempat demi kepentingan bersama. Selain itu, pelayanan administrasi juga dapat diberikan tanpa tatap muka yaitu melalui layanan PANDAWA.

“Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan cabang Kendari sangat baik walaupun pesertanya sangat banyak yang datang mengurus karena hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan kartu JKN-KIS, semuanya diberikan pelayanan terbaik tanpa ada perbedaan dari segi sosial ataupun penampilan. Petugas di loket juga ramah walaupun memakai masker tetap terlihat senyum dan sangat cepat menyelesaikan kebutuhan administrasi peserta,” kata Harlin.