Dengan Mobile JKN, Tak Perlu Khawatir Pindah Faskes Jika Rotasi Pekerjaan

  • Whatsapp
Dengan Mobile JKN, Tak Perlu Khawatir Pindah Faskes Jika Rotasi Pekerjaan

 

Bacaan Lainnya

Mamuju, upeks.co.id – Sebagai pegawai Televisi Republik Indonesia (TVRI) Stasiun Sulawesi Barat (Sulbar), suatu kewajiban bagi Amri Azhari (35) mempunyai perlindungan jaminan kesehatan. Dengan perpindahan/rotasi kepegawaian di tempatnya bekerja, tak jarang ia membutuhkan perubahan fasilitas kesehatan (faskes) pada setiap penempatannya. Ia mengakui tak pernah bingung ketika terjadi perpindahan tempat kerja, karena menurutnya BPJS Kesehatan bisa digunakan di manapun.

“Kebetulan ada pengalaman menggunakan Kartu JKN-KIS ini saat lahiran anak pertama dan anak kedua yang sebelumnya faskes masih di lokasi kerja yang lama, tapi ketika lahiran bisa langsung digunakan tanpa harus repot dengan administrasi,” terangnya, Sabtu (26/08).

Apalagi saat ini ada aplikasi Mobile JKN yang jelas lebih mempermudah peserta apabila ingin melakukan perubahan faskes tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Peserta tinggal melakukan perubahan dari perangkat ponselnya. Bulan berikutnya, otomatis faskes telah berubah dan bisa melakukan pelayanan pada faskes yang diinginkan peserta.

“Setelah tahu adanya aplikasi mobile JKN tentu saya sangat bahagia, karena dengan begitu ketika saya pindah lokasi kerja dapat dengan mudah mengganti faskes tingkat 1 saya,” ungkap Amri.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Program JKN-KIS ini dirinya dan keluarga jadi tidak perlu bingung ketika penyakit datang menghampiri pada saat tidak terduga. Karena Amri pun pernah mengalami hal tersebut.

“Saya pernah sakit diare sampai dehidrasi pada tengah malam dan bingung karena FKTP tempat saya tidak buka, akhirnya langsung ke rumah sakit dan langsung masuk ke ruang IGD sampai diinfus,” ceritanya.

Ia merasa puas dengan pengalamannya menggunakan Program JKN-KIS hingga saat ini. Amri pun mengajak kepada seluruh masyarakat yang sering mengalami perpindahan/rotasi kerja seperti dirinya bisa mengunduh aplikasi mobile JKN, karena dengan begitu tidak perlu lagi khawatir apabila ingin melakukan pengobatan. (af)