BPJS Kesehatan Sosialisasikan e-Claim Primer di Kabupaten Kepulauan Aru

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Sosialisasikan e-Claim Primer di Kabupaten Kepulauan Aru

 

Bacaan Lainnya

Ambon, upeks.co.id – Dalam rangka menyamakan persepsi terkait pengajuan klaim non kapitasi, BPJS Kesehatan Cabang Ambon mengadakan sosialisasi e-Claim Primer kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (03/08). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan diharapkan seluruh FKTP mendapatkan informasi terbaru dan memiliki pemahaman yang baik mengenai mekanisme e-Claim Primer.

“Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Kepulauan Aru cukup meningkat dari tahun ke tahun dan diperlukan pelayanan kesehatan yang baik pula. Ada beberapa hal yang sudah berusaha kami koordinasikan dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru, dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat namun masih terdapat sejumlah kendala di lapangan, yaitu perihal jaringan dan seberapa jauh pemahaman pengelola pelayanan di Puskesmas dalam pengumpulan data untuk pengajuan klaim nonkapitasi,” tutur Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru, Hendrik Darakay.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Muhammad Rusydi menjelaskan bahwa ada ketentuan yang harus dipenuhi FKTP dalam pengajuan klaim nonkapitasi dan saat ini proses perekaman data klaim telah dilakukan secara elektronik melalui e-Claim Primer.

“Berdasarkan Perpres Nomor 82 Tahun 2018, proses pengajuan klaim nonkapitasi kepada BPJS Kesehatan harus dilakukan secara periodik dan lengkap, pengajuan klaim nonkapitas, paling lambat tanggal 10 di bulan berikutnya dengan masa kadaluarsa pengajuan klaim maksimal 6 bulan. Saat ini untuk proses pengajuannya, telah dilakukan digitalisasi klaim nonkapitasi melalui e-Claim Primer, sehingga prosesnya lebih sederhana dan bisa terdokumentasi dengan baik. Ke depannya kami berharap pengajuan klaim FKTP di Kabupaten Kepulauan Aru bisa lebih rutin sesuai ketentuan,” ujar Rusydi.

Kepala Puskesmas Benjina, Jeffrin Rumketty menyambut baik terselenggaranya sosialisasi materi ini dan mengusulkan adanya pertemuan lanjutan untuk teknis penginputan aplikasi P-Care.

“Dikesempatan yang baik ini kami berharap adanya pertemuan lanjutan khusus mengenai teknis penginputan klaim non kapitasi di aplikasi P-Care sehingga kami akan lebih memahami lagi. Kami harap BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru berkenan untuk memfasilitasi,” ujar Jeffrin. (yr)