BPJS Kesehatan Parepare Sosialisasikan Sistem Pelaporan Pelanggaran Gratifikasi pada Rekanan

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Parepare Sosialisasikan Sistem Pelaporan Pelanggaran Gratifikasi pada Rekanan

Bacaan Lainnya

 

Parepare, upeks.co.id – Dalam rangka mewujudkan komitmen penerapan tata kelola yang baik, BPJS Kesehatan Cabang Parepare melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada rekanan mitranya secara daring tentang pengendalian gratifikasi dan Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistle Blowing System) BPJS Kesehatan, Rabu (25/08).

Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, baik itu dalam bentuk uang, barang, maupun fasilitas lainnya yang berhubungan dengan jabatan. Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Syahrir menyampaikan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi ini, adalah agar dapat meningkatkan pemahaman rekanan sebagai mitra BPJS Kesehatan terkait dengan gratifikasi.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman rekanan BPJS Kesehatan terkait pengendalian gratifikasi dan sistem pelaporan pelanggaran, sebagai media pelaporan jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh internal BPJS Kesehatan,” ungkap Syahrir.

Syahrir juga menyampaikan bahwa adapun yang menjadi peserta sosialisasi yang diundang merupakan rekanan BPJS Kesehatan dalam hal pengadaan barang dan jasa, yang dianggap memiliki risiko akan hal tersebut.

“Sebagai mitra, mereka perlu meningkatkan pemahaman dalam hal pengendalian gratifikasi. Kami juga memperkenalkan beberapa media pelaporan pelanggaran jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh internal BPJS Kesehatan, dengan mengedepankan asas rahasia, anonim, independen, dan perlindungan pelapor,” tutur Syahrir.

Salah satu peserta sosialisasi, Tri Hantoni (23) yang merupakan perwakilan PT PKSS Makassar, mengungkapkan bahwa sebagai mitra BPJS Kesehatan, sosialisasi yang diberikan sangat bermanfaat, karena memaparkan secara jelas terkait gratifikasi dan sistem pelaporan pelanggarannya.

“Dengan adanya sosialisasi terkait gratifikasi dan pelaporan pelanggaran ini, kami sebagai mitra rekanan BPJS Kesehatan, dapat memahami upaya pengendalian gratifikasi, serta media pelaporannya melalui nomor telepon, Whatsapp, emaildan media lain. Kami siap mendukung komitmen BPJS Kesehatan terkait anti gratifikasi, dan kami berharap ke depannya, BPJS Kesehatan dan PT PKSS dapat terus menjalin kerja sama yang baik,” ucap Tri.