15.840 Nakes Bakal Disuntik Vaksin Moderna

  • Whatsapp
15.840 Nakes Bakal Disuntik Vaksin Moderna

Makassar, Upeks – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Andi Hadijah Iriani mengatakan sebanyak 15.840 tenaga kesehatan bakal disuntik vaksin Covid-19 ketiga atau suntikan booster. Vaksin yang akan digunakan adalah buatan Moderna. Vaksin buatan perusahaan Amerika Serikat tersebut disebut 95 persen efektif melindungi dari Covid-19.

“Langkah suntikan ketiga ini merupakan upaya untuk memastikan tenaga kesehatan terlindungi secara maksimal,” kata Iriani, Minggu, 15 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, gelombang kedua pandemi Covid-19 membuat tenaga kesehatan mengalami tekanan besar.  Peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang tinggi mendorong Pemerintah untuk secara khusus memberikan perlindungan tambahan kepada nakes yang sehari-hari dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

Kendati begitu, Iriani mengatakan ada persyaratan yang mesti dilalui terlebih dulu sebelum disuntik vaksin Moderna.  “Moderna itu ada persyaratannya. Moderna itu tidak langsung divaksin. Tiga bulan setelah vaksinasi terakhir,” kata Iriani. Ia mengatakan para nakes saat ini tinggal menunggu diberikan vaksin ketiga setelah dinyatakan selesai vaksin kedua dan telah memenuhi syarat.

Selain itu, Makassar tercatat sebagai kota yang memiliki jatah vaksin Moderna terbanyak di antara seluruh kabupaten kota di Sulsel. “Inikan tersebar di Dinas Kesehatan Kota, puskesmas dan seluruhnya kemudian rumah sakit kemudian pemerintah, swasta. Jadi masing-masing mereka minta,” tuturnya. (*)

 

Pos terkait