UNM Sukses Gelar PKM Kurikulum Tular Nalar

  • Whatsapp
UNM Sukses Gelar PKM Kurikulum Tular Nalar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Negeri Makassar sukses menggelar PKM secara Kolektif di SMA Negeri 4 Malino. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dibuka secara resmi oleh Prof. Bakhrani selaku ketua LP2M UNM pada Minggu, 13 Juni 2020, lalu.

PKM Kurikulum Tular Nalar yang diketuai oleh Dr. Arnidah dan Dr. Citra Rosalyn Anwar tersebut berlangsung khidmat dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang guru.

Bacaan Lainnya

Materi Workshop Kurikulum Tular Nalar yang dibawakan oleh Dr. Citra menghadapi kendala tidak adanya arus listrik di dalam ruangan, sehingga penayangan slide materi tidak dapat dilakukan menggunakan projector.

Tim PKM Kurikulum Tular Nalar dengan sigap mengatasi kendala tersebut dengan memanfaatkan Drive untuk menyebar materi kepada Peserta Workshop yang dominan menggunakan ponsel kala itu. Demikian itu sekaligus menjadi jalan untuk mensosialisasikan kepada peserta agar semakin mahir untuk Cakap Digital.

“Kurikulum Tular Nalar merupakan kurikulum yang sebaiknya dimiliki guru selama pandemi. Dimana, gadget menjadi media pembelajaran yang paling utama agar hal-hal negatif melalui penggunaan gadget dapat diminimalisir dengan pendampingan yang tepat,” ungkap Dr. Citra.

Peserta menyimak materi Workshop Kurikulum Tular Nalar yang hanya berlangsung sehari itu dengan penuh antusias dan fokus.

Penyerahan Souvenir oleh Tim PKM Kurikulum Tular Nalar diberikan pada hari Rabu, 16 Juni 2020.

Ibu Marawia selaku peserta Workshop ditanyai mengenai kesan yang dirasakannya setelah mengikuti materi Workshop Kurikulum Tular Nalar. Ia mengemukakan bahwa ilmu tentang berita di medsos dan cara mengidentifikasi mana yang baik dan mana yang kurang baik, sudah juga sosialisasikan kepada peserta didik dan orang tuanya, lalu para orang tua siswa sangat setuju.

“Alhamdulillah senang sekali dengan materi itu, ternyata termasuk di kalangan keluarga, ketika meng-upload foto-foto harus di identifikasi dampaknya kedepannya dan banyak ilmu baru bagi saya,” ujar guru di MTs Guppi Al Jihad Balangbuki ini. (jir)