Tingkatkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Hadirkan MCS di Dinas Sosial

  • Whatsapp

Tingkatkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Hadirkan MCS di Dinas Sosial

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

Makassar, Upeks.co.id – Dalam rangka percepatan Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan Cabang Makassar mengoptimalkan pelayanan dan perluasan pendaftaran bagi peserta dengan menghadirkan Mobile Customer Service (MCS) di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar.

Upaya ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat  (JKN-KIS). Kegiatan MCS ini tidak hanya menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi juga dapat melayani perubahan data peserta, pencetakan Kartu JKN-KIS, pemberian informasi, penanganan pengaduan serta registrasi Mobile JKN.

“Kegiatan MCS ini akan rutin kami lakukan dua kali seminggu di Kantor Dinas Sosial, dan akan berpindah-pindah lokasi untuk menyasar peserta yang kesulitan untuk mendaftarkan diri dan keluarganya maupun untuk mendapatkan informasi Program JKN-KIS. Oleh karena itu, setiap minggunya satu petugas kami akan bertugas khusus di pelayanan MCS ini,” tambah Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Florinsye Tamonob mengutarakan bahwa kegiatan MCS di Kantor Dinas Sosial, Rabu (16/06).

Sejak pertama kali dilaksanakan, apresiasi masyarakat sangatlah tinggi, terutama bagi mereka yang tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan masing-masing kini dapat memanfaatkan MCS. Terlebih untuk kondisi pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengakses aplikasi kepesertaan dapat sangat terbantu dengan hadirnya pelayanan MCS BPJS Kesehatan ini.

“Setelah kami koordinasi dengan BPJS Kesehatan ada informasi terkait MCS yang memberi layanan untuk menghemat waktu dan biaya. Untuk itu kami meminta agar MCS tersebut dihadirkan di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar. Dengan kehadirannya di sini kami merasa sangat terbantu, terutama dalam proses administrasi data kependudukan peserta JKN-KIS apabila membutuhkan bantuan serta informasi dapat langsung dilayani,” jelas Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Makassar, La Heru.

Ia menambahkan, menariknya lagi, petugas juga menyosialisasikan tentang Mobile JKN kepada masyarakat yang datang dan dapat langsung mengunduhnya. Ternyata untuk mengganti fasilitas kesehatan dan mengakses beberapa fitur pelayanan bisa langsung akses di HP saja.

“Sungguh inovasi yang sangat bagus dari BPJS Kesehatan, sangat membantu bagi peserta,” ujar La Heru.(jamkesnews)

Pos terkait