Tim Mahasiswa Unismuh Lolos Seleksi Tahap II Kontes Robot Indonesia

Tim Mahasiswa Unismuh Lolos Seleksi Tahap II Kontes Robot Indonesia

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Tim mahasiswa yang diutus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Kontes Robot Indonesia dinyatakan lolos Seleksi Tahap II.

Hal itu tertuang dalam pengumuman Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud-Ristek nomor 1251/J3/KM.02.02/2021, tanggal 14 Juli 2021.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil seleksi dari tim juri, yang dilaksanakan tanggal 9 – 10 Juli 2021, Pusat Prestasi Nasional dan Dewan Juri KRI tahun 2021 menetapkan nama-nama tim yang lolos Seleksi Tahap II sebagai tim peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah Tahun 2021.

Salah satu tim yang lolos, adalah Tim Mangandi, dari Unismuh Makassar. Tim ini terdiri dari empat orang mahasiswa, Nawan Kurniawan, Wahyu Apriansyah Zukri, Muh Yusri Darman, dan Nurfadillah Mutmainnah.

Keempatnya merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unismuh Makassar. Mereka dibimbing dosen pendamping Adriani ST MT.

Wakil Rektor III Unismuh Makassar Dr Muhammad Tahir menyampaikan selamat atas pencapaian mahasiswanya.
“Insyaallah tim Unismuh akan lolos hingga seleksi tingkat nasional,” jelasnya di Kampus Unismuh Makassar, Kamis (15/7/2021).

Kontes Robot Indonesia (KRI), kata Tahir, merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“KRI 2021 ini memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu,” ungkapnya.

Wabah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, lanjut WR III Unismuh ini, menyebabkan selama dua tahun terakhir, Kontes Robot Indonesia dilaksanakan secara daring.

“Pada KRI yang dilakukan secara daring ini, seluruh tim peserta menampilkan robotnya di kampus masing-masing, yang ditayangkan secara daring melalui mekanisme video conference,” ungkap Tahir.

Pada KRI 2021, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) bertransformasi menjadi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI). Unismuh tahun ini meloloskan tim pada divisi KRSRI ini. (Rasak)