Pemkab Mamuju Siap Wujudkan Universal Health Coverage 2021

  • Whatsapp

Pemkab Mamuju Siap Wujudkan Universal Health Coverage 2021

Mamuju, Upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Mamuju menggelar Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Kabupaten Mamuju, Kamis (27/05). Pada kesempatan tersebut Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi mengatakan, pihaknya berupaya penuh untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) dan sudah menyiapkan anggaran untuk mewujudkan UHC di Kabupaten Mamuju

Bacaan Lainnya

“Pemerintah Kabupaten akan menyiapkan dana sebesar 2,4 miliar rupiah untuk memenuhi target UHC Kabupaten Mamuju pada tahun ini, disamping anggaran perlu disiapkan data yang valid. Peserta JKN-KIS yang telah meninggal dunia harus segera dinonaktifkan agar segera dialihkan kepada peserta yang seharusnya mendapatkan layanan jaminan kesehatan,” tegas Sutinah.

Sutinah juga menyampaikan akan mempercepat proses validasi data agar masyarakat Mamuju yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segera bisa terdaftar.

“Karena saat ini masih ada sekitar 20% masyarakat Mamuju yang belum terdaftar, diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat langsung dengan proses validasi data ini nantinya agar lebih cepat lagi dalam prosesnya, sehingga UHC bisa segera diwujudkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin menyampaikan, upaya mencapai Universal Health Coverage (UHC) harus diawali dengan penguatan sinergi antara BPJS Kesehatan dengan para pemangku kepentingan di Kabupaten Mamuju.

“Target kepesertaan JKN-KIS adalah 98% dari seluruh Penduduk Indonesia. Sementara itu capaian kepesertaan di Kabupaten Mamuju sampai dengan 1 Mei 2021 adalah 226.873 jiwa, jadi sekitar 80% dari 281.116 jiwa penduduk Mamuju sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” ungkap Umrah.

Lebih lanjut Umrah memaparkan sejumlah tantangan di lapangan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Mengingat Kabupaten Mamuju belum mencapai UHC, sebutnya, maka diperlukan dukungan yang maksimal dari pemerintah Kabupaten Mamuju.

“Untuk mendukung hal tersebut Pemerintah Kabupaten Mamuju diharapkan pada bulan Oktober tahun 2021 sudah mulai bisa merelaisasikan langkah-langkah menuju UHC untuk Kabupaten Mamuju,” tutur Umrah.(rls)

Pos terkait